PENGGERAKAN (MOTIVATING) LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP) DALAM MENGIKUTI AKREDITASI (Studi pada Tiga LKP di Kota Bengkulu)

Savila, Yellsa and Rufran, Zulkarnain and Bayu, Pradikto (2022) PENGGERAKAN (MOTIVATING) LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP) DALAM MENGIKUTI AKREDITASI (Studi pada Tiga LKP di Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI YELLSA SAVILA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Penggerakan (Motivating) Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Dalam Mengikuti Akreditasi (Studi pada Tiga LKP di Kota Bengkulu). Latar belakang penelitian ini ingin menemukan motivating (faktor penggerak) 3 LKP di Kota Bengkulu yakni 1). LKP Cemerang Teknik, 2). LKP Difasc, 3). LKP Asiah, ketiga LKP tersebut berada pada posisi teratas kesiapan sispenanya dan dokumentasinya tetapi tidak mendaftar untuk di akreditasi namun tidak mengikuti akreditasi. Metode penelitian ini, penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi waktu, triangulasi subjek dan triangulasi teknik, subjek penelitian adalah pengelola LKP. Landasan teori yang digunakan yaitu teori menajeman pengelolan lembaga, yang terdiri dari motivasi, pembinaan, perlakuan, penghargan, pembinaan, penghargaan. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa ke tiga, 1). LKP Cemerang Teknik, 2). LKP Difasc, 3). LKP Asiah, memang tidak mau mengikuti akreditasi dan tidak mengikuti proses bimbingan akreditasi yang diadakan pemerintah karena menurut ketiga LKP tersebut akreditasi tidak berpengaruh terhadap proses kegiatan belajar di lembaga dilihat dari jumlah peserta pelatihan yang masih banyak, padahal dari Dokumen ketiga LKP tersebut sudah lengkap. Seharusnya pengelola Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) hendaknya mengikuti akreditasi yang di adakan pemerintah guna untuk menjamin kulitas dan mutu lembaga yang di kelola dan juga pemerintah hendaknya memberikan sanksi tegas seperti teguran secara lisan bagi Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) yang mengabaikan akreditasi. Kata Kunci : Motivating, Akreditasi, LKP

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 19 Feb 2024 08:18
Last Modified: 19 Feb 2024 08:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17606

Actions (login required)

View Item View Item