KEBERHASILAN WIRAUSAHAWAN MUDA DALAM MENGELOLA USAHA KULINER di KOTA BENGKULU (Studi Kasus Pada Usaha Sempol Ayam Hitz Solehudin Firdaus)

Sari, Ade Novita and M.Ilham, Abdullah and Sofino, Sofino (2022) KEBERHASILAN WIRAUSAHAWAN MUDA DALAM MENGELOLA USAHA KULINER di KOTA BENGKULU (Studi Kasus Pada Usaha Sempol Ayam Hitz Solehudin Firdaus). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI ADE NOVITA SARI PNF.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keberhasilan wirausahawan muda dalam mengelolah usaha kuliner di Kota Bengkulu. Latar belakang penelitian ini adalah membahas tentang seorang wirausahawan muda yang berhasil mengelola usahanya dari berjualan keliling hingga usahanya dapat berkembang dengan memiliki 8 cabang dan 17 karyawan saat ini, dengan modal awal Rp.1,5 Juta dan bermodalkan ilmu pengetahuan yang didapatkan dari beliau belajar terus menerus dari orang disekitarnya dan pengusaha lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan modal, jumlah pelanggan, jumlah produksi, perluasan usaha, perluasan daerah pemasaran, perbaikan sarana fisik dan pendapatan usaha. Metode penelitian bersifat kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Landasan teori yang ada pada penelitian yaitu konsep kewirausahaan, keberhasilan usaha, sempol ayam, keterkaitan kewirausahaan pada Pendidikan Non Formal. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pertama, peningkatan modal setiap bulan usaha ini Rp.30-40 Juta, peningkatan pada tahun pertama Rp.4,5 Juta, kedua Rp. 11 Juta, tahun ketiga Rp. 60 Juta, peningkatan modal tersebut bersumber dari keuntungan penjualan sempol yang dikumpulkan. Kedua, adanya peningkatan jumlah produksi, jumlah produksi ditentukan berdasarkan permintaan pasar dan peluang yang ada, jumlah produksi dalam sehari mencapai 7.000 tusuk. Ketiga, adanya peningkatan jumlah pelanggan, untuk meningkatkan pelanggan tersebut dilakukan pelayanan yang baik, menjaga cita rasa, menjaga kebersihan dan berusaha menciptakan sesuatu yang baru, promosi dilakukan melalui sedekah dan media sosial, Keempat, adanya perluasan usaha, perluasan dalam bentuk penambahan fasilitas usaha, perlengkapan yang sebelumnya kekurangan sekarang sudah mencukupi kebutuhan, dalam perluasan usaha tidak ada kerja sama dari pihak lainnya. Kelima, adanya perluasan daerah pemasaran yang terdapat 8 di Kota Bengkulu, 2 di Kota Manna dan 1 di Kaur tetapi masih belum berjalan lancar, daerah pemasaran tersebut di kontrol oleh pemilik usaha dan manajer. Keenam, adanya perbaikan sarana fisik, sebelumnya perlengkapan masih serba kekurangan sekarang sudah mencukupi kebutuhan, contohnya jepitan menggoreng,kursi, tas mengangkut barang, etalase dan peralatan lainnya. Ketujuh, pendapatan usaha dalam sehari mencapai Rp. 4-5 juta dari semua outlet, pendapatan bersih 30/bulan, gaji/penghasilan karyawan sistem persenan. Kata Kunci: Keberhasilan, Usaha Kuliner, Sempol Ayam

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 19 Feb 2024 08:18
Last Modified: 19 Feb 2024 08:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17607

Actions (login required)

View Item View Item