PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Perdagangan Otomotif Di Kota Bengkulu)

Wanasari, Ayu and Isma, Coryanata and Halimatusyadiah, Halimatusyadiah (2022) PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Perdagangan Otomotif Di Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI AYU WANASARI C1C017021_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan sistem informasi akuntansi terhadap kinerja perusahaan pada perusahaan otomotif di Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah 30 penguna langsung sistem informasi akuntansi pada perusahaan otomotif di Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan mengumpulkan data primer dengan kuesioner secara langsung dan tidak langsung kepada perusahaan otomotif yang ada di kota Bengkulu. Pemilihan sampel yang diuji dalam penelitian ini dengan menggunakan Purposive sampling. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan alat SPSS (Statistical Package for Social Sciences) 22.0 untuk melihat hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pemanfaatan sistem informasi berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan otomotif di Kota Bengkulu. (2) Kualitas sistem informasi akuntansi berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan otomotif yang ada di Kota Bengkulu. (3) Keamanan sistem informasi akuntansi berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan otomotif di Kota Bengkulu. (4) Sarana pendukung sistem informasi akuntansi berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan otomotif di Kota Bengkulu. Implikasi pada penelitian ini secara teoritis, hasil penelitian ini telah menunjukkan bahwa perusahaan yang menerapkan sistem informasi akuntansi baik dari pemanfaatan, kualitas, keamanan yang terjamin dan sarana pendukung yang ada di dalam perusahaan dapat membantu meningkatkan kinerja perusahaan. Penelitian ini juga membuktikan hubungan Teori Delon & McLean Information System Success Model dengan adanya pemanfaatan SIA, kualitas SIA, keamanan SIA, dan sarana pendukung SIA terhadap perusahaan. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah ini tidak ada dasar dalam menentukan syarat responden yang diatur untuk setiap objek penelitian yang hannya didasarkan pada penyebaran yang rata dimana masing-masing kuesioner yang di sebar 1 (satu) responden tiap objek penelitian.Bagi penelitian mendatang agar memberikan dasar untuk menentukan syarat responden penelitian dan menambah referensi dalam kinerja perusahaan, supaya dapat mengembangkan model penelitian dengan penambahan variabel-variabel yang dapat mendukung kinerja perusahaan lainnya seperti kinerja karyawan, budaya organisasi, motivasi kerja serta variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini x

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 19 Feb 2024 04:18
Last Modified: 19 Feb 2024 04:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17608

Actions (login required)

View Item View Item