PENGELOLAAN PENDIDIKAN KESETARAAN PADA SANTRI PUTRA DI LEMBAGA TAHFIDZ AHLUL QUR’AN KOTA BENGKULU

Akbarudin, Akbarudin and Agus, Zainal Rachmat and Ririn, Gusti (2022) PENGELOLAAN PENDIDIKAN KESETARAAN PADA SANTRI PUTRA DI LEMBAGA TAHFIDZ AHLUL QUR’AN KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI AKBAR.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pengelolaan pendidikan kesetaraan pada santri putra di lembaga tahfidz Ahlul Qur’an Kota Bengkulu. Subjek utama dalam penelitian ini ada tiga yaitu pengelola santri putra tahfidz Ahlul Qur’an, tutor pendidikan kesetaraan dan warga belajar pendidikan kesetaaraan di lembaga tahfidz Ahlul Qur’an. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1). Perencanaan pengelolaan pendidikan kesetaraan di lembaga tahfidz Ahlul Qur’an Kota Bengkulu yaitu agar warga belajar dari santri bisa mendapatkan ijazah dan melanjutkan jenjang pendidikan mereka selanjutnya sehingga tidak mengganggu kegiatan menghafal mereka di lembaga tahfidz 2). Pengorganisasian pada pendidikan kesetaraan dilakukan dengan bekerjasama antara dua lembaga dimulai dari masuk tahun ajaran baru sampai dengan selesai melaksanakan program pendidikan kesetaraan 3). Penggerakan pada pendidikan kesetaraan di lakukan dengan bekerjasama antara dua lembaga dimulai saat proses pembelajaran berlangsung sampai dengan selesainya program pendidikan kesetaraan 4). Pengendalian pada pendidikan kesetaraan di lakukan dengan bekerjasama antara dua lembaga dimulai saat proses pembelajaran berlangsung sampai dengan selesainya program pendidikan kesetaraan 5). Evaluasi penialaian pada pendidikan kesetaraan di lakukan pada saat selesainya program pendidikan kesetaraan dengan melihat hasil nilai-nilai pembelajaran dari warga belajar pendidikan kesetaraan kemudian hasil nilai-nilai tersebut menjadi acuan untuk program-program pendidikan kesetaraan selanjutnya. Kata kunci : Pengelolaan, Pendidikan kesetaraan, tahfidz Ahlul Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 19 Feb 2024 08:17
Last Modified: 19 Feb 2024 08:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17609

Actions (login required)

View Item View Item