PENGUKURAN TARGET STRENGTH IKAN Chaetodon trifasciatus MENGGUNAKAN METODE AKUSTIK TETHERED METHOD DI PERAIRAN PULAU TIKUS KOTA BENGKULU

Saputro, M. Iksan and Zamdial, Zamdial and Eko, Nofridiansyah (2018) PENGUKURAN TARGET STRENGTH IKAN Chaetodon trifasciatus MENGGUNAKAN METODE AKUSTIK TETHERED METHOD DI PERAIRAN PULAU TIKUS KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (850kB)

Abstract

Pengukuran Target strenght terhadap ikan karang pmasih jarang dilakukan. Adapun tujuan Menganalisis karakteristik hambur balik akustik dengan frekuensi 38kHz pada ikan Chaetodon trifasciatus di perairan Pulau Tikus dan menentukan model hubungan Target strength (TS) terhadap panjang, berat dan ukuran gelembung renang pada ikan Chaetodon tifasciatus. Adapun manfaat serta kegunaan dari penelitian ini nantinya sebagai pengetahuan tentang nilai Target Strenght yang dihasilkan ikan Chaetodon trifasciatus ini dan kedepannya dapat dijadikan perbandingan untuk penelitian Target Strenght ikan family Chaetodontidae dengan metode lainnya. Penelitian ini menggunakan metode Tethered Method, dari hasil penelitian 4 ikan Chaetodon trifasciatus. Pengolahan data nilai target strength dilakukan dalam dua tahap pengolohan, yaitu dengan menggunakan Software ER 60 dan Echoview 8 kemudian disalin ke MS.excel. Nilai Target Strength rata-rata ke- 4 data ikan Chaetodon tifasciatus yaitu -51,85 dB. Sebaran dari nilai Target Strength yang di dapatkan dari ke empat ikan yang di teliti adalah Normal, dengan nilai tengah yang di dapat berbeda-beda. antara lain; untuk ikan 1 memiliki nilai tengah -53,61 dB, ikan ke 2 memiliki nilai tengah -52,31 dB, ikan ke 3 memiliki nilai tangah -53,73 dB, dan ikan ke 4 memiliki nilai tengah -54,53 dB dan model hubungan Target Strength terhadap panjang, tinggi, berat dan gelembung ranang yaitu keseluruhan ikan memiliki model hubungan linier yang positif (+). Hubungan yang sangat kuat ada terhadap TS dengan berat ikan yaitu berkisar 96,1%. Kata Kunci : Akustik, Target Strength,Pulau Tikus,Tethered Method,Chaetodon tifasciatus.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Marine Science
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 02 Apr 2019 05:02
Last Modified: 02 Apr 2019 05:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17610

Actions (login required)

View Item View Item