POLA DAN KADAR KETAJAMAN ARGUMEN BAGIAN HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN PADA ARTIKEL MAHASISWA PROGRAM MAGISTER (S-2) PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA FKIP UNIVERSITAS BENGKULU TAHUN AJARAN 2016/2017

Yati, Desmi and Dian Eka Chandra, Wardhana and Susetyo, Susetyo (2018) POLA DAN KADAR KETAJAMAN ARGUMEN BAGIAN HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN PADA ARTIKEL MAHASISWA PROGRAM MAGISTER (S-2) PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA FKIP UNIVERSITAS BENGKULU TAHUN AJARAN 2016/2017. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
TESIS DESMI YATI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Yati, Desmi. 2018. Pola dan Kadar Ketajaman Argumen Bagian Hasil Penelitian dan Pembahasan Artikel Mahasiswa Program Magister (S-2) Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu Tahun Ajaran 2016/2017. Dr. Dian Eka Chandra Wardhana, M.Pd., Dr. Susetyo, M.Pd. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pola argumen bagian hasil penelitian dan pembahasan artikel mahasiswa Program Magister (S-2) Pendidikan Bahasa Indonesia, (2) kadar ketajaman argumen pada bagian hasil penelitian dan pembahasan artikel mahasiswa Program Magister (S-2) Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, data penelitian ini adalah artikel mahasiswa Program Magister (S-2) yang mengandung pola dan kadar ketajaman argumen pada bagian hasil penelitian dan pembahasan. Teknik pengumpulkan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tabel-tabel data pola, rubrik skala 7 pada kadar ketajaman argumen, dan rubrik skala 10 pada kadar ketajaman argumen. Teknik analisis data dengan membaca keseluruhan bagian hasil penelitian dan pembahasan, menandai bagian-bagian pola pada artikel, memasukan ke rubrik skala penilaian pada kadar ketajaman argumen, apakah menggunakan rubrik skala 7 atau rubrik skala 10 pada teori Toulmins. Hasil penelitian menunjukkan dalam bagian hasil penelitian dan pembahasan dianalisis 14 artikel tersebut ada beberapa pola argumen yang ditemukan pada bagian hasil penelitian dan pembahasan yang meliputi dua pola dasar yaitu: (1) pola G-W-C dan (2) pola G-W-B-C. Pola dasar G-W-C memiliki 2 variasi pola argumen, yaitu: (1) G-W-C dan (2) G-C-W, sedangkan pola dasar G-W-B-C memiliki 7 variasi pola argumen, yaitu: (1) G-WB-C, (2) G-W-C-B, (3) G-C-W-B, (4) G-C-B-W, (5) G-B-W-C, (6) G-B-C-W, (7) C-B-G-W. Adapun kadar ketajaman argumen berdasarkan kelengkapan elemenelemen argumen dan ada atau tidaknya elemen dasar argumen (Claim) maka diperoleh dua kategori kadar ketajaman argumen, yaitu: cukup kuat dan kuat pada bagian hasil penelitian dan pembahasan artikel mahasiswa Program Magister (S2) Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu tahun ajaran 2016/2017. Diharapkan setelah membaca hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan rujukan untuk melakukan penelitian selanjutnya untuk menerapkan fungsi kutipan yang lebih bervariasi dengan mengutamakan fungsi kelima dan keenam untuk menemukan sesuatu yang baru dari hasil penelitian sebelumnya. Kata Kunci: Pola, Kadar Ketajaman Argumen, Artikel.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Postgraduate Program > Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: 161 Septi Septi
Date Deposited: 04 Apr 2019 07:49
Last Modified: 04 Apr 2019 07:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17620

Actions (login required)

View Item View Item