IMPLEMENTASI PROGRAM KESETARAAN PAKET C DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (Studi Kasus Pada PKBM Mekar Sari Kabupaten Kaur)

Filiana, Wiwi and Agus, Zainal Rachmat and Ririn, Gusti (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM KESETARAAN PAKET C DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (Studi Kasus Pada PKBM Mekar Sari Kabupaten Kaur). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Wiwi Filiana PNF FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasan, dan pengembangan dalam implementasi program kesetaraan paket C PKBM Mekar Sari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak empat orang dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi yaitu triangulasi subjek, waktu dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, tujuan dari pelaksanaan paket C ini untuk mengurangi pengangguran secara perlahan terutama di kabupaten kaur dan anak-anak yang putus sekolah berangsur berkurang, serta memberantas buta aksara dengan beberapa strategi yang dilakukan. Kedua, kegiatan yang dilakukan bukan hanya pembelajaran akademik, akan tetapi juga keterampilan seperti komputer, menjahit dan membatik, dengan pertemuan secara daring dan tatap muka. Ketiga, selalu memberi motivasi dengan memberi dukungan dan semangat, memberikan contoh yang baik, mendengarkan keluhan, masalah tutor dan peserta didik, serta mencari solusi terbaik. Keempat, melakukan evaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target yang telah ditetapkan dengan mengadakan evaluasi 3 bulan sekali setelah selesai pembelajaran, dan yang di evaluasi adalah hasil pembelajaran, keterampilan peserta didik sebatas mana kemampuan mereka, kemudian mengenai tujuan pembelajaran dan modul. Kelima, peningkatan warga belajar dari tahun ke tahun terus ada peningkatan, untuk pengembangan diri tutor dengan pelatihan peningkatan mutu yang diselenggarakan oleh dinas instansi, untuk pengembangan diri ketua PKBM dengan pelatihan yang dilaksanakan dalam satu tahun 6 kali pelatihan yang diselenggarakan direktorat, serta adanya sarana dan prasarana yang dimiliki. Kata Kunci: Implementasi, PKBM, Paket C

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 20 Feb 2024 03:27
Last Modified: 20 Feb 2024 03:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17621

Actions (login required)

View Item View Item