PENGARUH FREKUENSI RAPAT DEWAN DIREKSI, DEWAN KOMISARIS, DAN KOMITE MANAJEMEN RISIKO TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020)

Gustiana, Fenny and Nurna, Lismawati and Madani, Tai Tsou (2022) PENGARUH FREKUENSI RAPAT DEWAN DIREKSI, DEWAN KOMISARIS, DAN KOMITE MANAJEMEN RISIKO TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
PRINT SKRIPSI_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (940kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan bukti secara empiris Pengaruh frekuensi rapat dewan direksi, dewan komisaris, dan komite manajemen risiko terhadap kinerja perusahaan. Kinerja perusahaan dalam penelitian ini diukur dengan Return On Assets (ROA). Dewan direksi diukur menggunakan frekuensi rapat dewan direksi. Dewan komisaris diukur menggunakan frekuensi rapat dewan komisaris. Komite manajemen risiko diukur menggunakan frekuensi rapat komite manajemen risiko Penelitian ini diuji menggunakan analisis regresi berganda dengan program SPSS versi 26. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2020. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode purpossive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 84 observasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dewan komisaris berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan, namun untuk variabel dewan direksi dan komite manajemen risiko tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Implikasi penelitian ini adalah memberikan informasi teoritis mengenai teori agensi yang di dalamnya terdapat konflik keagenan yang dapat menyebabkan penurunan kinerja perusahaan sehingga dibutuhkanlah biaya monitoring untuk meminimalisir konflik keagenan. Bagi perusahaan perbankan dan penelitian selanjutnya, penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi tambahan dan pemahaman mengenai apa saja yang dapat mendorong peningkatan kinerja perusahaan. Keterbatasan penelitian ini yaitu nilai adjusted R square yang relative kecil yaitu hanya sebesar 11,4% sehingga hal ini menunjukkan bahwa masih banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi kinerja perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 20 Feb 2024 04:11
Last Modified: 20 Feb 2024 04:11
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17622

Actions (login required)

View Item View Item