PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MEDIA PREZI SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 11 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2017/2018

Gustini, Eka and Susetyo, Susetyo and Ria, Ariesta (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MEDIA PREZI SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 11 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2017/2018. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
TESIS OK YES.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dan aktivitas menulis puisi Menggunakan Media Prezi Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 11 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dengan tahap-tahap sebagai berikut: (1) tahap perencanaan (2) tahap pelaksanaan (3) tahap pengamatan dan, (4) tahap refleksi dan seterusnya sampai perbaikan atau peningkatan dapat tercapai. Berdasarkan analisis data dan hasil observasi aktivitas siswa dapat dilihat bahwa pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media prezi dapat meningkatkan minat, aktivitas dan hasil belajar siswa. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada siklus 1 hasil pembelajaran siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu 75 denganpersentase kelulusan 75%. Pada siklus ke 2 dilakukan dengan upaya perbaikan dengan cara siswa diberikan penjelasan kembali tentang media prezi. Dan contoh menulis puisi dengan tema yang sesuia dengan tampilan pada media prezi tesebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data dan hasil observasi aktivitas siswa dapat dilihat bahwa pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media prezi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada Siklus I hasil kemampuan menulis puisi dengan rata-rata nilai sebesar 61,61 dengan kategori cukup dan siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 81,47 termasuk kategori baik, dengan persentasi siklus I 16,66 % dan siklus II 88,08%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis puisi dapat ditingkatkan dengan menggunkan media prezi Kata kunci: Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi, Media Prezi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Postgraduate Program > Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: 161 Septi Septi
Date Deposited: 04 Apr 2019 07:55
Last Modified: 04 Apr 2019 07:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17625

Actions (login required)

View Item View Item