PENGARUH KONSERVATISME AKUNTANSI DAN STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK (Studi Pada Perusahaan Non-Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2019)

Ilhamsyah, Khaled and Rini, Indriani and Madani, Hatta (2022) PENGARUH KONSERVATISME AKUNTANSI DAN STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK (Studi Pada Perusahaan Non-Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2019). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
KHALED ILHAMSYAH SIDANG SKRIPSI Cetak1n.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan bukti secara empiris Pengaruh konservatisme akuntansi, kepemelikan manajerial, kepemilikan institusional, kepemelikan asing terhadap penghindaran pajak. Penghindaran pajak dalam penelitian ini diukur dengan book tax difference. Konservatisme akuntansi diukur menggunakan perbedaan antara laba bersih sebelum depresiasi dan arus kas kegiatan operasi. Kepemilkan manajerial diukur menggunakan proporsi saham kepemilkan manajerial. Kepemilikan institusi diukur menggunakan proporsi saham kepemilikan institusional. Kepemilkan asing diukur dengan proporsi saham kepemilkan asing. Penelitian ini diuji menggunakan regresi logistik dengan program SPSS. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2019.Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode purpossive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1475 observasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa konservatisme, berpengaruh positif terhadap penghindaran pajak, namun untuk kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan kepemilikan asing berpengaruh negative terhadap penghindaran pajak. Implikasi penelitian ini adalah memberikan informasi tambahan penjelasan mengenai teori akuntansi positif yang menyatakan konservatisme akuntansi dan kepemilikan manajerial dapat mempengaruhi penghindaran pajak. kebijakan akuntansi yang konservatif untuk menekan beban pajak terutangnya melalui cara-cara yang diperbolehkan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 20 Feb 2024 07:09
Last Modified: 20 Feb 2024 07:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17630

Actions (login required)

View Item View Item