PENGARUH AKUNTABILITAS, TRANSPARANSI, PERAN PERANGKAT DESA, DAN KEBIJAKAN DANA DESA TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN DANA DESA (Studi Pada Desa di Kecamatan Padang Guci Hulu Kabupaten Kaur)

Elseainun, Milinia and Abdullah, Abdullah and Fenny, Marietza (2022) PENGARUH AKUNTABILITAS, TRANSPARANSI, PERAN PERANGKAT DESA, DAN KEBIJAKAN DANA DESA TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN DANA DESA (Studi Pada Desa di Kecamatan Padang Guci Hulu Kabupaten Kaur). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI SIDANG-MILINIA ELSEAINUN_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Pengelolaan keuangan Dana Desa merupakan satu aspek terpenting dari sebuah desa untuk menjalankan program dari pemerintah. Termasuk di antaranya adalah program untuk menyejahterakan masyarakat di wilayahnya. Berdasarkan teori stakeholder masyarakat dan pemerintah Desa harus memiliki tujuan yang sama antara pemerintah desa dan masyarakat. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat beberapa tahapan dalam pengelolaan keuangan dana desa, yakni: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, Pelaporan dan pertanggungjawaban. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh akuntabilitas, transparansi, peran perangkat desa, dan kebijakan Dana Desa terhadap pengelolaan keuangan dana desa. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh langsung dari responden, Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini, Seluruh perangkat desa yang terlibat langsung dalam pengelolaan keuangan Dana Desa Di Kecamatan Padang guci hulu. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 72 responden yang dapat diolah dari keseluruhan populasi. Dengan memberikan sejumlah kuesioner kepada kepala desa, sekretaris desa, Kaur keuangan, Kaur umum dan perencanaan, kasi pelayanan, kasi pemerintahan,dan kasi kesejahteraan. Metode analisis yang digunakan antara lain uji statistik deskriptif, uji Kualitas data yang meliputi: Uji Validitas dan uji Reliabilitas. Uji asumsi klasik yang meliputi: uji Normalitas, uji Multikolinearitas, uji Heteroskedastisitas. Serta uji hipotesis meliputi Uji Analisis Regresi Linier Berganda, uji koefisien determinasi (R2), uji F, dan Uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)akuntabilitas terbukti berpengaruh positif terhadap pengelolaan keuangan dana desa, (2) transparansi terbukti tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap pengelolaan keuangan dana desa, (3) peran perangkat desa terbukti berpengaruh positif terhadap pengelolaan keuangan dana desa, dan (4) kebijakan Dana Desa terbukti berpengaruh positif terhadap terhadap pengelolaan keuangan dana desa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 20 Feb 2024 07:30
Last Modified: 20 Feb 2024 07:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17631

Actions (login required)

View Item View Item