PENGARUH PENERAPAN GREEN ACCOUNTING DAN ENVIROMENTAL PERFORMANCE TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2015 2019

Champiusat Sion, Reiza and Isma, Coryanata and Fenny, Marietza (2023) PENGARUH PENERAPAN GREEN ACCOUNTING DAN ENVIROMENTAL PERFORMANCE TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2015 2019. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
PDF SKRIPSI REIZA CHAMPIUSAT SION-C1C017084_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Perusahaan pada masa saat ini kerap kali berorientasi untuk memperoleh keuntungan saja dan cenderung mengabaikan lingkungan tempat perusahaan beroperasi. Green Accounting hadir untuk memberikan tanggung jawab kepada perusahaan untuk mengelola lingkungannya. Teori triple bottom line theory menyatakan bahwa tujuan perusahaan bukan cuman sekedar untuk mendapatkan profit akan tetapi juga harus bertanggung jawab terhadap masyarakat dan lingkungan. Berdasarkan teori tersebut dapat disimpulkan kinerja lingkungan dan sosial merupakan termasuk pelaporan akuntansi ke publik tidak hanya kinerja keuangan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan green accounting dan enviromental performance terhadap profitabilitas perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2015-2019. Teori yang digunakan dalam peneltian ini adalah teori stakeholder dan legitimasi. Pemilihan kedua teori tersebut didasarkan ketepatan untuk menanungi objek penelitian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Variabel independen dalam penelitian ini adalah green accounting dan enviromental performance, variabel dependen adalah profitabilitas. Populasi penelitian ini perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia dan yang mendapatkan penghargaan PROPER periode tahun 2015-2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling yaitu purposive sampling. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa annual report dan laporan keuangan perusahaan serta laporan kinerja PROPER KLHK. Metode pengumpulan data yaitu teknik dokumentasi. Dengan teknik pengambilan sampel terpilih sampel dalam penelitian ini adalah 72 perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019 dan mengikuti PROPER berturut-turut selama periode pengamatan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data panel. Hipotesis diuji menggunakan analisis statistik deskriptif, uji normalitas, regresi data panel, uji parsial t, uji simultan f, dan uji koefisien determinasi menggunakan software Eviews 9. Pemilihan model analisis pada penelitian ini diuji dengan uji chow dan uji hausman. Berdasarkan uji pemilihan model terpilih fixed effect model yang sesuai dengan model analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan green accounting berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas perusahaan dan kinerja lingkungan tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 20 Feb 2024 08:44
Last Modified: 20 Feb 2024 08:44
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17637

Actions (login required)

View Item View Item