KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Purnama, Sangkuria and Nurna, Novitasari and Halimatusyadiah, Saiful (2023) KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI SANGKURIA PURNAMA - C1C018105 - PDF_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dan intellectual capital pada nilai perusahaan dengan kinerja keuangan sebagai variabel moderasi. Sampel yang digunakan di dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2017-2020. Jumlah sampel yang diperoleh adalah 71 perusahaan dengan jumlah observasi sebanyak 284. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari website www.idx.co.id dan situs masing-masing perusahaan. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan analisis partial least square menggunakan aplikasi SmartPls. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kepemilikan institusional memiliki pengaruh positif pada nilai perusahaan. Variabel lainnya yaitu kepemilikan manajerial dan intellectual capital tidak memiliki pengaruh pada nilai perusahaan. Kinerja keuangan sebagai variabel moderasi mampu memoderasi hubungan antara kepemilikan institusional dan nilai perusahaan. Kinerja keuangan tidak mampu untuk memoderasi hubungan kepemilikan manajerial dan intellectual capital pada nilai perusahaan. Implikasi dalam penelitian ini adalah dapat mengkonfirmasi teori sinyal bahwa adanya kepemilikan institusional dapat menjadi informasi yang ditangkap sebagai sinyal positif oleh investor, karena adanya dorongan yang dilakukan institusional dalam mengendalikan perilaku manajemen sehingga meningkatkan kepercayaan investor atas perusahaan. Meningkatnya kepercayaan ini diikuti dengan meningkatnya permintaan atas saham, sehingga meningkatkan harga saham. Peningkatan harga saham ini menunjukan peningkatan nilai perusahaan. Penelitian ini juga mengonfirmasi teori keagenan bahwa adanya kepemilikan institusional dapat mendorong pengendalian atas manajemen untuk mengatasi masalah keagenan yang timbul di dalam perusahaan sehingga adanya instutisional mampu untuk mengawasi manajemen dalam mencapai tujuan perusahaan yaitu menghasilkan keuntungan. Penelitian ini memiliki keterbatasan yaitu nilai R2 yang kecil. Saran bagi penelitian selanjutnya adalah untuk mencari variabel lain diluar variabel yang ada di dalam penelitian untuk meningkatkan nilai R2 seperti mencari bentuk good corporate governance yang lain atau menambahkan variabel corporate social responsibility.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 21 Feb 2024 02:05
Last Modified: 21 Feb 2024 02:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17639

Actions (login required)

View Item View Item