DESKRIPSI PERIKANAN JARING INSANG DASAR (BOTTOM GILLNET) DI PANTAI INDAH KELURAHAN KOTO JAYA KECAMATAN KOTA MUKOMUKO KABUPATEN MUKOMUKO

Zahari, Abdullah Mutahir and Zamdial, Zamdial and Eko, Nofridiansyah (2018) DESKRIPSI PERIKANAN JARING INSANG DASAR (BOTTOM GILLNET) DI PANTAI INDAH KELURAHAN KOTO JAYA KECAMATAN KOTA MUKOMUKO KABUPATEN MUKOMUKO. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Abdullah Mutahir Zahari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Jaring insang dasar adalah alat penangkap ikan yang terbuat dari jaring berbentuk 4 persegi panjang dan dilengkapi dengan pemberat pada tali ris bawah dan pelampung pada tali ris atasnya. Saat dioperasikan, beberapa lembar jaring digabung menjadi satu dan diposisikan menghadang arus dengan tujuan menghalangi arah gerakan renang ikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perikanan jaring insang dasar (bottom gillnet) di sentra penangkapan Pantai Indah Kelurahan Koto Jaya Kabupaten Mukomuko. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode observasi dan wawancara. Alat tangkap jaring insang dasar (bottom gillnet) nelayan pantai indah memiliki panjang jaring rata-rata 1000 m, tinggi/dalam rata-rata 6,1 meter. Kapal nelayan rata-rata panjang 8,5 meter, tinggi 1,2 meter dan lebar 1,5 meter dengan nilai GT sebesar 3,2 GT. Mesin yang digunakan berukuran 15 PK. Jumlah anak buah kapal (ABK) rata-rata 3 orang. Daerah penangkapan ikan rata-rata 2 Mil secara vertikal dengan kedalaman rata-rata 29 meter dengan kondisi gelombang kecil dan kondisi dasar perairan berlumpur. Hasil tangkapan jaring insang dasar (bottom gillnet) yakni ikan yang berada di kolom dasar perairan. Penangganan hasil tangkapan ini saat dilaut ikan diletakkan dalam ember/waring, sedangkan didarat ikan langsung dijual ke pengepul motor dan masyarakat. Output alat tangkap insang dasar sebesar 5, 180 Kg per tahun, dari hasil perhitungan diperoleh produktivitas per trip sebesar 40,8 Kg per trip, produktivitas tenaga kerja per orang sebesar 2393 per tahun ini artinya produktivitas per orangnya tinggi dan produktivitas BBM sebesar 1,850 per liter per tahun ini artinya bahwa produktivitasnya tinggi. Kata Kunci : Deskripsi, Jaring Insang Dasar, Pantai Indah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 02 Apr 2019 08:45
Last Modified: 02 Apr 2019 08:45
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17639

Actions (login required)

View Item View Item