PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT PERUSAHAAN NON KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2017-2020

Agil Febriyanti, Shofia and Husaini, Husaini and Fadli, Fadli (2023) PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT PERUSAHAAN NON KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2017-2020. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI SHOFIA AGIL FEBRIYANTI_C1C018144_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Sustainability report didefinisikan sebagai praktik pengukuran, pengungkapan, dan upaya akuntabilitas dari kinerja organisasi untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan kepada para pemangku kepentingan baik internal maupun eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh corporate governance terhadap pengungkapan sustainability report. Pengungkapan sustainability Report diukur menggunakan Sustainability Report Dislosure Index dengan pedoman GRI G4 dan GRI Standars. Corporate Governance diproksikan dengan ukuran dewan komisaris, proporsi komisaris independen, proporsi komisaris berpendidikan ekonomi dan bisnis, proporsi komisaris wanita, komite audit, dan komite CSR. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 156 sampel pada perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2020. Metode pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari data dari www.idx.co.id dan situs web perusahaan. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda menggunakan program SPSS versi 24. Penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran dewan komisaris, proporsi komisaris indepeden, komite audit yang diukur dengan melihat jumlah rapat berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan sustainability report. Sedangkan proporsi komisaris berpendidikan ekonomi dan bisnis, proporsi komisaris wanita, dan komite CSR tidak berpengaruh terhadap pengungkapan sustainability report. Hasil penelitian untuk variabel kontrol menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh terhadap pengungkapan sustainability report dan umur perusahaan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan sustainability report. Implikasi penelitian ini memberikan informasi bagi praktisi sebagai menjadi bahan pertimbangan atau rujukan dalam pengambilan keputusan mengenai pentingnya corporate governance terhadap pengungkapan sustainability report. Selanjutnya, hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu manajemen perusahaan dalam mempertimbangkan dalam mengungkapan informasi sustainability report, karena saat ini sustainability report sudah menjadi kebutuhan yang akan berpengaruh terhadap kelangsungan hidup perusahaan dan masyarakat di masa yang akan datang. Keterbatasan penelitian ini yaitu nilai koefisien determinasi yang hanya menunjukkan angka 0.217 atau 21.7% mengindikasikan bahwa masih kecilnya pengaruh variabel independen dalam menjelaskan variabel dependen. Sehingga, diharapkan untuk penelitian selanjutnya dapat menambahkan beberapa variabel independen lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini untuk mengungkapkan faktor apa saja yang menyebabkan perusahaan melakukan pengungkapan sustainability report.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 21 Feb 2024 02:11
Last Modified: 21 Feb 2024 02:11
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17640

Actions (login required)

View Item View Item