ANALISIS PENGARUH FINANCIAL DEEPENING, BELANJA PEMERINTAH, DAN PENGANGGURAN TERHADAP KEMISKINAN DI INDONESIA

Florennica, Elya and Armelly, Yu and Ratu, Fitranita (2022) ANALISIS PENGARUH FINANCIAL DEEPENING, BELANJA PEMERINTAH, DAN PENGANGGURAN TERHADAP KEMISKINAN DI INDONESIA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Elya Florennica C1A018016 ANALISIS PENGARUH FINANCIAL DEEPENING, BELANJA PEMERINTAH DAN PENGANGGURAN TERHADAP KEM~1_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (820kB)

Abstract

Kemiskinan merupakan masalah klasik yang dihadapi di berbagai negara manapun khususnya pada negara berkembang, permasalahan kemiskinan harus ditanggapi dengan sungguh-sungguh karena dampak yang terjadi akibat adanya kemiskinan begitu luas bukan hanya perekonomiannya saja tetapi bisa ke segala aspek kehidupan.Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengurangi kemiskinan adalah melalui peningkatan sektor keuangan yang tercermin dari tingkat financial deepening, financial deepening merupakan istilah yang menggambarkan kondisi sektor keuangan yang dapat dilihat dari rasio total kredit di suatu negara terhadap produk domestik bruto (PDB). Financial deepening memungkinkan perekonomian di Indonesia berjalan dengan baik karena banyaknya masyarakat menggunakan sektor keuangan sebagai modal dan investasi di usaha mereka. Peran pemerintah juga perlu ditingkatkan dalam penurunan tingkat kemiskinan melalui belanja pemerintah, belanja pemerintah yang efektif dan efisien diharapkan mampu memberikan dampak yang baik bagi perekonomian sehingga mampu menurunkan tingkat kemiskinan di Indonesia. Pengangguran sebagai masalah yang selalu dihadapi di Indonesia, pengangguran berdampak pada pengurangan tingkat kesejahteraan masyarakat, karena adanya pengangguran membuat pendapatan masyarakat tidak ada sementara pengeluaran selalu ada. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh financial deepening, belanja pemerintah, dan pengangguran terhadap kemiskinan di Indonesia. Metode penelitian ini adalah explanatory research dan menggunakan regresi data panel dengan rentang wilayah data 33 Provinsi di Indonesia dan rentang waktu dari tahun 2012-2020. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder, dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik dan Bank Indonesia. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah Eviews 9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel financial deepening dan belanja pemerintah berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kemiskinan, sementara variabel pengangguran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemiskinan. Hasil dari nilai R2 adalah 0,985307, hal ini menunjukkan bahwa sebesar 98,5% perubahan kemiskinan dijelaskan oleh ketiga variabel yang terdiri dari financial deepening, belanja pemerintah dan pengangguran dan sisanya 1,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 21 Feb 2024 04:25
Last Modified: 21 Feb 2024 04:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17647

Actions (login required)

View Item View Item