PENGARUH PENDAPATAN PERKAPITA, PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DAN DANA PERIMBANGAN TERHADAP BELANJA MODAL KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI BENGKULU

Tri Mulyani, Justika and Yefriza, Yefriza and Roosemarina, A Rambe (2022) PENGARUH PENDAPATAN PERKAPITA, PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DAN DANA PERIMBANGAN TERHADAP BELANJA MODAL KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI SIDANG JUSTIKA, JUMAT 01 APRIL 2022_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (867kB)

Abstract

Pelaksanaan otonomi daerah diharapkan dapat meningkatkan potensi daerahsehingga dapatmemberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat di berbagai sektor, terutama di sektor publik. Aset tetap yang dimiliki pemerintah daerah sebagai akibat adanya belanja modal merupakan salah satu syarat dalam memberikan pelayanan publik guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dalam meningkatkan pelayanan publik tersebut dibutuhkan peningkatan dalam pendapatan perkapita, PAD dan dana perimbangan yang merupakan pendapatan pemerintah yang bertujuan untuk dialokasikan dalam belanja daerah guna meningkatkan pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat yang dialokasikan melalui belanja modal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendapatan perkapita, pendapatan asli daerah (PAD) dan dana perimbangan terhadap belanja modal kabupaten/kota terpilih di Provinsi Bengkulu. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pendapatan asli daerah (PAD) dan dana perimbangan memiliki pengaruh positifsignifikan terhadap belanja modal. Sedangkan pendapatan perkapita memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap belanja modal kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu. Saran terhadap pemerintah yaitu pemerintah kabupaten/kota hendaknya lebih mengatur manajemen pengeluaran pemerintah sehingga pendapatan perkapita dapat menjadi acuan utama agar peningkatan pendapatan perkapita dapat sejalan dengan peningkatan alokasi belanja modal, lebih menggali sumber- sumber potensial yang ada di daerah untuk meningkatkan PAD agar dapat meningkatkan belanja modal serta lebih efektif dan efisien dalam mengoptimalkan dana perimbangan untuk alokasi belanja modal.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 21 Feb 2024 04:38
Last Modified: 21 Feb 2024 04:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17648

Actions (login required)

View Item View Item