PENGARUH TRANSAKSI MENGGUNAKAN UANG ELEKTRONIK (e-money) DAN TINGKAT SUKU BUNGA TERHADAP INFLASI DENGAN JUMLAH UANG BEREDAR SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Afriandi, Putra and Indraswanti, Indraswanti and Armelly, Armelly (2022) PENGARUH TRANSAKSI MENGGUNAKAN UANG ELEKTRONIK (e-money) DAN TINGKAT SUKU BUNGA TERHADAP INFLASI DENGAN JUMLAH UANG BEREDAR SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Putra Afriandi (C1A018055) Alhamdulillah Fix_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Uang elektronik adalah hasil dari kemajuan teknologi yang dapat memudahkan manusia dalam bertransaksi. Dengan penggunaan uang elektronik memngkinkan manusia melakukan transaksi di mana saja dan kapan saja. Dengan kemudahan bertransaksi ini mengindikasikan peningkatan percepatan perputaran uang yang dapat mempengaruhi jumlah uang beredar yang pada akhirnya mempengaruhi inflasi. Serta melihat pula pengaruh dari tingkat suku bunga yang bertujuan untuk mengontrol jumlah uang beredar yang nantinya diharapkan dapat meredam laju inflasi di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perngaruh secara langsung transaksi menggunakan uang elektronik dan tingkat suku bunga terhdap inflai serta melihat pengaruh secara tidak langsung transaksi menggunakan uang elektronik dan tingkat suku bunga terhadap inflasi melalui jumlah uang beredar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa transaksi menggunakan uang elektronik berpengaruh negatif terhadap inflasi baik secara langsung maupun secara tidak langsung melalui jumlah uang beredar. Dari hasil penelitian ini diharapkan pemerintah dapat mendukung dan memberi ruang agar penggunaan uang elektronik dapat menjadi lebih luas lagi. Mengingat penggunaan uang elektronik sangat efisien dan praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 21 Feb 2024 05:43
Last Modified: 21 Feb 2024 05:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17651

Actions (login required)

View Item View Item