PENGARUH SELF EXPRESIVENESS DAN BRAND PERSONALITY TERHADAP BRAND LOVE DAN POSITIVE WORD OF MOUTH PRODUK HANDPHONE SAMSUNG DI KOTA BENGKULU

Martua Sihombing, Daniel and Fachri, Eka Saputra and Sularsih, Anggarawati (2022) PENGARUH SELF EXPRESIVENESS DAN BRAND PERSONALITY TERHADAP BRAND LOVE DAN POSITIVE WORD OF MOUTH PRODUK HANDPHONE SAMSUNG DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI FINAL SETELAH SIDANG DANIEL MARTUA SIHOMBING (Repaired)_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Produk Samsung merupakan salah satu produk komunikasi yang diminati oleh masyarakat di Kota Bengkulu. Jika produk Samsung adalah produk yang berguna, bermutu dan inovatif, serta keunggulan-keunggulan lainnya yang dihadirkan oleh perusahaan ini, maka terjadilah Positive word of mouth dimana konsumen merespon produk tersebut secara baik yang ditandai dengan produk yang dihasilkan dapat memberikan ekspresi pribadi bagi konsumen atau yang dikenal sebagai self expressiveness. Dari uraian tersebut, maka peneliti tertarik untuk meneliti tentang “Pengaruh Self Expresiveness dan Brand Personality terhadap Brand Love dan Positive Word of Mouth Produk Handphone Samsung di Kota Bengkulu” Landasan teori mengenai word of mouth dikemukakan oleh Hasan (2010), word of mouth merupakan pujian, rekomendasi dan komentar pelanggan sekitar pengalaman mereka atas layanan jasa dan produk yang betul-betul mempengaruhi keputusan pelanggan atau perilaku pembelian mereka. Self expressiveness brand merupakan sarana yang digunakan oleh seorang konsumen untuk mengekspresikan dirinya. Disebutkan oleh Aaker (2004) bahwa brand personality menawarkan sebuah alat untuk meningkatkan ketertarikan, keterikatan, dan sikap terhadap merek melalui suatu penawaran merek tertentu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hipotesis. Pengujian hipotesis pada penelitian ini akan dilakukan menggunakan data kuantitatif. Penelitian ini telah dilakukan di Samsung Service Center Kota Bengkulu pada bulan Agustus 2021 dan penyebaran angket dengan 100 responden Alat analisis untuk menjawab hipotesis tujuan adalah korelasi product moment pearson. Pengujian hipotesis itu sendiri menggunakan uji hipotesis berupa uji t dan koefesien determinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Self Expresiveness berpengaruh terhadap Brand Love. Diketahui bahwa variabel Brand Personality (X1) memiliki nilai (sig) 0,000. Lebih lanjut, berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Personality berpengaruh terhadap Brand Love. Sementara itu, hasil dari penelitian berdasarkan tabulasi penelitian menemukan bahwa Brand Personality juga mempunyai pengaruh terhadap Brand Love. Brand Personality juga dapat mempengaruhi Brand Love secara keseluruhan. Diketahui bahwa variabel Brand Love memiliki nilai (sig) 0,000. Berdasarkan hasil penelitian pada pengolahan data regresi linear berganda melalui SPSS 16.00, dapat dilihat bahwa terdapat pengaruh antara Brand Love terhadap Positive Word Of Mouth Hal ini didukung oleh Brakus et al., (2009) mengatakan Brand Love mempengaruhi Positive Word Of Mouth secara langsung. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa hipotesis pada penelitian ini diterima. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu Samsung sebagai top brand produk handphone di Indonesia tentunya harus terus menjaga konsistensinya dalam hal kualitas maupun citra merek untuk masa yang akan dating. Lebih lanjut, metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini termasuk dalam metode analisis yang umum untuk dilakukan penelitian, oleh karena itu diharapkan untuk penelitian selanjutnya mengenai topik yang sama dapat dikembangkan kembali metode analisisnya seperti penambahan variabel mediasi guna memperkaya ilmu pengetahuan kedepannya.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 21 Feb 2024 07:39
Last Modified: 21 Feb 2024 07:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17657

Actions (login required)

View Item View Item