PENGELOLAAN LEMBAGA SERTIFIKASI PROFESI DALAM MENINGKATKAN HASIL UJI KOMPETENSI PESERTA DIDIK KELAS XII PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PERKANTORAN (Studi Deskriptif Kualitatif di SMKN 1 Kota Bengkulu)

Lusiawati, Desi Sri and Rambat, Nur Sasongko and Manap, Somantri (2018) PENGELOLAAN LEMBAGA SERTIFIKASI PROFESI DALAM MENINGKATKAN HASIL UJI KOMPETENSI PESERTA DIDIK KELAS XII PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PERKANTORAN (Studi Deskriptif Kualitatif di SMKN 1 Kota Bengkulu). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
tesis nian.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pengelolaan lembaga sertifikasi profesi untuk meningkatkan hasil kompetensi peserta didik. Penelitian ini berfokus pada perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan hasil uji kompetensi. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa secara umum pengelolaan Lembaga Sertifikasi Profesi melaksanakan kegiatan uji kompetensi berpedoman pada ketentuan dari BNSP, dalam hal perencanaan lembaga Sertifikasi Profesi belum mengikuti langkah-langkah perencanaan, dengan menentukan tujuan lembaga, membuat program jangka pendek dan jangka panjang. Program kerja dibuat hanya secara internal, belum melibatkan industri sebagai pengguna layanan dan pemerintah. pelaksanaan uji dan evaluasi kompetensi mengikuti pedoman dari BNSP, dan hasil uji kompetensi belum mencapai tujuan/target lembaga. Kata kunci : Kompetensi, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 161 Septi Septi
Date Deposited: 04 Apr 2019 07:51
Last Modified: 04 Apr 2019 07:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17665

Actions (login required)

View Item View Item