PENGELOLAAN PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING (Studi Diskriptif Kualitatif di Madrasah Aliyah Negeri Kota Bengkulu)

Nengsi, Eli Suarti and Connie, Connie and Sumarsih, Sumarsih (2018) PENGELOLAAN PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING (Studi Diskriptif Kualitatif di Madrasah Aliyah Negeri Kota Bengkulu). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
TESIS ELY SUARTI NENGSI 2018.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penyusunan program layanan bimbingan dan konseling, mendiskripsikan pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling, mendiskripsikan evaluasi hasil program layanan bimbingan dan konseling, mendiskripsikan tindak lanjut program layanan bimbingan dan konseling. Metode penelitian diskriptif kualitatif. Subjek penelitian meliputi guru BK, kepala madrasah, waka kurikulum dan kesiswaan, wali kelas, guru mata pelajaran dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian, penyusunan program layanan bimbingan dan konseling dilakukan melalui kegiatan identifikasi kebutuhan permasalahan siswa dengan menyebarkan angket, rapat menentukan jenis program layanan, jumlah personil, anggaran biaya dan waktu. Pelaksanaan layanan bimbingan konseling terdiri dari layanan individual meliputi bimbingan belajar, pribadi, sosial dan karier; sedangkan bimbingan kelompok meliputi kegiatan trik sukses masuk perguruan tinggi, pencegahan pergaulan remaja; layanan klasikal meliputi kegiatan pemahaman konsep diri, peranan gender dan strategi sukses belajar. Evaluasi layanan bimbingan konseling, beban layanan guru pada pada siswa terlalu banyak sehingga siswa kurang mendapat layanan. Tindak lanjut dari hasil layanan bimbingan konseling antaralain dialihtangankan kepada psikolog, ahli agama, Saran kepala sekolah menambah guru bimbingan dan konseling, menyediakan jadwal pertemuan klasikal, menyediakan anggaran khusus dan kepada guru bimbingan konseling perlu melaksanakan evaluasi secara berkala untuk mengetahui ketuntasan masalah siswa dengan bekerjasama dengan guru mata pelajaran. Kata Kunci: Pengelolaan, Layanan Bimbingan dan Konseling

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 161 Septi Septi
Date Deposited: 04 Apr 2019 07:57
Last Modified: 04 Apr 2019 07:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17668

Actions (login required)

View Item View Item