ANALISIS USAHA PEMASARAN IKAN ASIN DI DESA PONDOK KELAPA KECAMATAN PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH (Studi Pada Ibu Yeni Eka Sari Di Home Industry Ikan Asin di Desa Pondok Kelapa, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah)

Oktavia, Elju Veira and Ilham, Abdullah and Sofino, Sofino (2022) ANALISIS USAHA PEMASARAN IKAN ASIN DI DESA PONDOK KELAPA KECAMATAN PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH (Studi Pada Ibu Yeni Eka Sari Di Home Industry Ikan Asin di Desa Pondok Kelapa, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI ELJUVEIRA OKTAVIA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah Untuk Mendeskripsikan Wujud Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pemasaran Ikan Asin Desa Pondok Kelapa Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah, Strategi Usaha Pemasaran Ikan Asin Desa Pondok Kelapa Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah , Faktor pendukung dan penghambat dalam Usaha Pemasaran Ikan Asin Desa Pondok Kelapa Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak tiga orang dan tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi , sedangkan tehnik analisis data meliputi reduksi data , penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemerikasa keabsahan data menggunakan trianggulasi, mulai dari trianggulasi waktu, trianggulasi subjek dan trianggulasi tehnik. Hasil penelitian ini menunjukan Analisis Usaha Pemasaran Ikan Asin Desa Pondok Kelapa Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah. Wujud pelaksanaan kegiatan usaha pemasaran ikan asin yakni ikan yang di ambil dari pulai bai dan kampung bengkulu, modal yang di keluarkan membeli ikan asin Rp. 2.000.000 , ikan beledang belah, palu-palu, gleberan belah, beledang bulat, ikan rebus , pedo, udang , kerong, belah kase kuning , kase bulat dan teri bengkulu, penyotiran ikan sesuai jenis ikan , ikan asin tidak memakai kemasan atau bungkusan. Produk ikan asin yaitu geleberan bela tawar , ikan kase bulat, ikan asin nila, udang, teri,palu-palu, beledang asin,pedo rebus , kase asin dan selengek asin, alamat desa pondok kelapa kecamatan pondok kelapa kabupaten bengkulu tengah , promosi ikan melalui sosial dan berjualan di depan rumah , yang terlibat usaha pemasaran ikan asin yaitu ibu Yeni Eka Sari , bapak Dayat dan keluarga. lingkungan tempat usaha pemasaran ikan asin ramah baik- baik dan masyarakat ramai. faktor pendukung dalam pemasaran usaha ikan asin tempat nya strategis jalan lalu lintas Bengkulu –Bengkulu Utara dan mudah di temui oleh konsumen , Faktor penghambat dalam pemasaran usaha ikan asin ini turun nya pendapatan atau turun nya hasil penjualan ikan asin, yang semula pendapatan Rp 300.000 perhari kemudian menurun menjadi Rp 150.000 perhari di karenakan kasus Covid19. Kata Kunci:Pemasaran , Usaha Ikan Asin, Pendidikan Non Formal

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 26 Feb 2024 08:31
Last Modified: 26 Feb 2024 08:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17671

Actions (login required)

View Item View Item