KARAKTERISTIK MORFOMETRIK KAMBING LOKAL PE JANTAN DEWASA POLA GADUAN DENGAN SISTEM PEMELIHARAAN INTENSIF DI DESA WONOHARJO KECAMATAN GIRI MULYA KABUPATEN BENGKULU UTARA

Nababan, Donna Susanti and Jarmuji, Jarmuji and Rustama, Saepudin (2018) KARAKTERISTIK MORFOMETRIK KAMBING LOKAL PE JANTAN DEWASA POLA GADUAN DENGAN SISTEM PEMELIHARAAN INTENSIF DI DESA WONOHARJO KECAMATAN GIRI MULYA KABUPATEN BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Indonesia merupakan tempat potensial untuk pengembangan ternak kambing lokal salah satunya kambing PE (Peranakan Ettawa) yang merupakan kambing tipe dwiguna sebagai penghasil daging. Upaya pengembangan ini perlu didukung berbagai faktor penunjang antara lain terutama bakalan atau bibit yang baik, pakan yang tersedia, lingkungan iklim dan penunjang besar. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember sampai bulan Januari 2017 di Desa Wonoharjo, Kecamatan Giri Mulya Kabupaten Bengkulu Utara. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kambing Lokal PE pada umur 1 samapi 3,5 tahun (dewasa). Variabel yang diamati adalah berat badan, lingkar lada, tinggi badan, tinggi tinggul, panjang badan. Pada umur 1 tahun sampai 3,5 tahun. Data yang diperoleh dihitung rataan dan keragaman kemudian disajikan dalam bentuk tabel. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan menunjukkan bahwa morfometrik kambing peranakan ettawa (PE) lokal Jantan dewasa di Desa Wonoharjo Kecamatan Giri Mulya untuk Lingkar Dada, Panjang Badan, Tinggi Badan dan Tinggi Pinggul, menunjukkan besarnya variasi yang tinggi terutama pada umur kronologis I1,I2 dan I3. Secara umur ukuran-ukuran tubuh lebih dapat digunakan untuk menduga bobot badan kambing hidup berumur kronologis I1 dan I2, karena pada saat umur I3pertumbuhan berarah kepenimbulan lemak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 04 Apr 2019 04:09
Last Modified: 04 Apr 2019 04:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17676

Actions (login required)

View Item View Item