KEBERHASILAN USAHA KERAJINAN TANGAN BERBAHAN ROTAN ( Studi Kasus Usaha Kerajinan Tangan Bapak Yaman Hadi Penyandang Tunanetra di Manna Bengkulu Selatan )

Lestari, Helni Yanti and M. Ilham, Abdullah and Suardi, Jasma (2022) KEBERHASILAN USAHA KERAJINAN TANGAN BERBAHAN ROTAN ( Studi Kasus Usaha Kerajinan Tangan Bapak Yaman Hadi Penyandang Tunanetra di Manna Bengkulu Selatan ). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI HELNI YANTI LESTARI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Kerajinan adalah suatu hal yang bernilai sebagai kreativitas alternatif, suatu barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan. Umumnya, barang kerajinan banyak dikaitkan dengan unsur seni yang kemudian disebut seni kerajinan. Seni kerajinan adalah implementasi dari karya seni kriya yang telah diproduksi secara massal (mass product). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keberhasilan usaha kerajinan tangan berbahan rotan milik bapak Yaman Hadi, faktor pendukung dan faktor kendala yang dihadapai serta upaya bapak Yaman Hadi dalam menyelesaikan permasalahan dalam usahanya. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriftif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, teknik observasi dan teknik dokumetasi. Instrument penelitian yang digunakaan dalam penelitian ini adalahh keberhasilan usaha bapak Yaman Hadi berbahan rotan. Adapun subjek penelitian ini yaitu bapak Yaman Hadi, istri bapak Yaman Hadi, anak bapak Yaman Hadi, menantu bapak Yaman Hadi, tetangga, ketua RT dan bapak lurah. Hasil penelitian ini mendeskripsikan wujud keberhasilan yang dicapai oleh bapak Yaman Hadi untuk biaya kehidupan sehari-hari, memiliki rumah, menyekolahan anak-anaknya, dan mengantar anaknya ke kenjang pernikahan dengan usaha kerajinan tangan yang beliau tekuni, faktor pendukung usaha kerajinan tangan bapak yaman ahadi adalah semnagat yang tinggi, motivasi dari keluarga dan keingin bapak Yaman Hadi untuk memberikan semangat dan motivasi kepada sesame serta dukungan dari mitra kerja, faktor penghambat bapak Yaman Hadi bahan rotan yang susah didapatkan, kendala transportasi serta kuranganya rasa empati orang-orang kepada pedagang seperti bapak Yaman Hadi dan upaya mengatasi faktor penghambatnya dengan cara memiliki mitra kerja bahan rotan sendiri, memiliki ojek pribadi dan menyadarkan masyarakat tentang memanusiakan manusia, dengan adanya mitra kerja menjadikan peluang besar untuk pemasukan bapak Yaman Hadi. Kata Kunci : Keberhasilan, Kerajinan tangan,dan Tunanetra

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 26 Feb 2024 08:31
Last Modified: 26 Feb 2024 08:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17677

Actions (login required)

View Item View Item