Populasi Dan Distribusi Keong Mas (Pomacea canaliculata L.) Sebagai Sumber Pakan Ternak Pada Ekosistem Persawahan Di Kota Bengkulu

Saputra, Kurniawan and Sutriyono, Sutriyono and Bieng, Brata (2018) Populasi Dan Distribusi Keong Mas (Pomacea canaliculata L.) Sebagai Sumber Pakan Ternak Pada Ekosistem Persawahan Di Kota Bengkulu. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI KURNIAWAN SAPUTRA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan keong mas (Pomacea canaliculata L.) ditinjau dari sisi populasi dan penyebarannya di alam. Penelitian ini telah dilaksakan pada bulan September-Oktober tahun 2017 bertempat di Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan sampel secara sistematis sampling dengan kerangka kuadrat berukuran 5x5 meter sebanyak 17 plot berdasarkan urutan dari anggota populasi yang jumlahnya sebanyak 49 plot pada masing-masing lokasi pengamatan. Kondisi lingkungan lokasi pengamatan memiliki kelembaban yang berkisar antara 71%-83,4%, suhu lingkungan 28,4-28,8 oC, pH perairan sawah 5,9-6,5, dan suhu perairan sawah 25,3-28,8 oC. Kepadatan populasi keong mas berkisar antara 0–5,78 individu/m2 dengan nilai Indeks Morisita pada lokasi pengamatan Kelurahan Rawa Makmur, Kelurahan Semarang, dan Kelurahan Bukit Besar berkisar antara 0,002-0,024 yang menunjukkan pola distribusi teratur (Id<1), sedangkan pada lokasi pengamatan Kelurahan Kandang Limun tidak diperoleh nilai indeks morisita karena tidak ditemukan sampel keong mas saat penelitian berlangsung. Frekuensi kehadiran keong mas pada ketiga lokasi pengamatan sebesar 100%, kecuali pada Kelurahan Kandang Limun yang memiliki frekuensi 0%. Kelimpahan keong mas pada ketiga lokasi pengamatan cukup jarang dengan kelimpahan 3,52 ekor/m2-5,78 ekor/m2, sedangkan pada lokasi pengamatan Kelurahan Kandang Limun memiliki kelimpahan 0 ekor/m2 atau sangat jarang. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa populasi keong mas pada ekosistem persawahan di Kota Bengkulu memiliki pola distribusi teratur (Id<1) dengan kelimpahan sedang hingga sangat jarang. Kata kunci: populasi, distribusi, keong mas, ekosistem, pakan ternak, persawahan, Kota Bengkulu (Program Studi Peternakan, Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 04 Apr 2019 04:39
Last Modified: 04 Apr 2019 04:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17687

Actions (login required)

View Item View Item