ANALISIS PERAN DINAS PENDIDIKAN DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) TINGKAT PENDIDIKAN DASAR (Study Deskriptif Kualitatif Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkulu Tengah)

Ikhsan , Rahmat and jarto , Tarigan and Suharto, Sugeng (2011) ANALISIS PERAN DINAS PENDIDIKAN DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) TINGKAT PENDIDIKAN DASAR (Study Deskriptif Kualitatif Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkulu Tengah). Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.

[img] Text
Skripsi Rahmat Ikhsan FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) tingkat pendidikan dasar pada Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkulu tengah. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya menggali aspek-aspek yang menjadi peran Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkulu Tengah karena Dinas Pendidikan memegang peran penting dalam proseses pengimplementasian ManajemenBerbasis Sekolah (MBS). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasiperan peran Dinas Pendidikan seperti apa yang dibutuhkan dalam rangka implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) . Metode penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif dengan data primer berupa hasil wawancara mendalam, sedangkan data sekunder diambil dari dokumentasi dan catatan lapangan. Informan berjumlah 7 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, terdiri dari aparat Dinas Pendidikan Bengkulu Tengah dan dua oarang Kepala Sekolah. Peneliti memperoleh hasil penelitian sebagai berikut: dilihat dari perannya sebagai motivator : Dinas Pendidikan dalam proses mplementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) jelas masih sangat minim. Rendahnya tingkat partisipasi Dinas Pendidikan ini terkendala oleh faktor anggaran sehingga Dinas Pendidikan sendiri tidak bisa memaksimalkan peran yang dimilikinya. Sebagai standarisator : dalam implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkulu Tengah hanya lebih memfokuskan kepada segi kurikulum semata, akan tetapiseharusnya Dinas Pendidikan juga harus mengimbangi dari segi yang lain separti ketenagaan,tenaga pendidik, sampai pada segi kesiswaannya. Sebagai informan : Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkulu Tengah dengan segala keterbatasannya telah menjalankan tugasnya dalam memberika informasi-informasi terbaru kepada pihak sekolah demi kemajuanpendidikan. Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah Dinas Pendidikan perlu lebihmeningkatkan intensitas keterlibatannya dalam proses implementasi manajemen berbasis sekolah (MBS) karena sesungguhnya keterlibatan Dinas Pendidikan bagi pihak sekolahmerupakan sesuatu yang sangatlah penting, bukan hanya sebagai mitra dalam meningkatkan utu pendidikan akan tetapi lebih kepada anggapan bahwa Dinas Pendidikan merupakan pihak yang paling memahami MBS itu sendiri. Sistem penghargaan kepada sekolah yang berprestasi harus segera direalisasikan, agar lebih dapat mendorong semangat berinovasi setiap sekolah demi peningkatan kualitas pendidikan. Dinas Pendidikan harus memperhatikansemua aspek dalam menjalankan perannya, satu apek saja dirasa sangat kurang untuk diperhatikan apabila Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkulu Tengah benar-benar serius dalam meningkatkan mutu pendidikan di daerahnya. Selain itu juga Dinas Pendidikan harus mampu menyuguhkan program-program dan informasi-informasi yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 20 Nov 2013 00:11
Last Modified: 20 Nov 2013 00:11
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1770

Actions (login required)

View Item View Item