PENGARUH GOOD GOVERNANCE DAN PENGELOLAAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA BADAN USAHA MILIK DESA DENGAN BUDAYA ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Piranika, Ispina and Irwansyah, Irwansyah and Novitasari, Novitasari (2022) PENGARUH GOOD GOVERNANCE DAN PENGELOLAAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA BADAN USAHA MILIK DESA DENGAN BUDAYA ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
FIX SKRIPSI_ISPINA PIRANIKA_C1C018032.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Badan Usaha Milik Desa oleh pemerintah merupakan salah satu usaha untuk memandirikan desa dalam mengatur perekonomian dan dapat menjadi sumber pemasukan pendapatan desa. Kinerja yang baik pada Badan Usaha Milik Desa penting untuk dilakukkan. Jika kinerja baik maka akan mempengaruhi kualitas pada Badan Usaha Milik Desa. Dalam Teori stewardship menjelaskan bahwa untuk meningkatkan kinerja Badan Usaha Milik Desa steward akan memenuhi keinginan principal dalam mencapai tujuan bersama dengan menerapkan dimensi good governance. Dan Steward dipercaya untuk bertindak sesuai kepentingan publik, dengan melaksanakan tugas dan fungsinya dengan tepat dalam merencanakan dan melaksanakan anggaran yang diamanahkan kepadanya. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh good governance dan pengelolaan anggaran terhadap kinerja Badan Usaha Milik Desa dengan budaya organisasi sebagai variabel moderasi di kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu. Penelitian ini dilaksanakan di Badan Usaha Milik Desa di kecamatan Arga Makmur, Kerkap, Hulu Palik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Badan Usaha Milik Desa di Kabupaten Bengkulu Utara. Untuk penentuan sampel, peneliti menggunakan purposive sampling. Penelitian ini mengguakan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan langsung dari responden menggunakan kuesioner berisi pernyataan tertulis menggunakan skala interval. Analisis data pengaruh menggunakan program SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Good governance berpengaruh positif terhadap kinerja pada Badan Usaha Milik Desa. (2). Pengelolaan anggaran berpengaruh negatif terhadap kinerja BUMDesa. (3). Good governance terhadap kinerja BUMDesa dengan budaya organisasi sebagai variabel moderasi berpengaruh positif namun tidak signifikan. (4). Pengelolaan anggaran terhadap kinerja BUMDesa tidak dapat dimoderasi oleh budaya organisasi. Keterbatasan penelitian dalam proses pengambilan data, informasi yang diberikan responden melalui kuesioner terkadang tidak menunjukkan pendapat yang sebenarnya, dimana hasil penelitian sangat tergantung pada hasil isian kuesioner yang disebarkan yang memungkinkan kecenderungan untuk bias masih tetap ada.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 23 Feb 2024 02:02
Last Modified: 23 Feb 2024 02:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17703

Actions (login required)

View Item View Item