ANALISIS PEMBERIAN POLLEN SUBSTITUTE TERHADAP PERKEMBANGAN KOLONI TELUR CALON LEBAH TRIGONA LAEVICEPS DI KECAMATAN KAMPUNG MELAYU KOTA BENGKULU

Siagian, Ribka Supriyatin and Rustama, Saepudin and Irma, Badarina (2018) ANALISIS PEMBERIAN POLLEN SUBSTITUTE TERHADAP PERKEMBANGAN KOLONI TELUR CALON LEBAH TRIGONA LAEVICEPS DI KECAMATAN KAMPUNG MELAYU KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
RIBKA SUPRIYATIN S - SKRIPSI LENGKAP PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (665kB)

Abstract

Kekayaan alam yang dimiliki Indonesia berpotensi besar untuk usaha perlebahan. Lahan pertanian, perkebunan, kehutanan yang kita miliki dapat dimanfaatkan sebagai sumber pakan lebah. Lebah trigona merupakan jenis lebah madu yang dipelihara secara tradisional oleh masyarakat. Kelebihan lebah ini adalah mudah beradaptasi di berbagai tempat. Untuk mempertahankan dirinya yaitu dengan cara menggigit. Secara anatomi, lebah trigona lebih kecil dibandingkan lebah lainnya. Kekurangan pollen dapat menyebabkan perkembangan koloni lebah madu terganggu dan akan menyebabkan produksi madu menurun. Oleh karena itu, yang perlu dilakukan adalah menyediakan pollen (pollen substitute) agar kendala menurunnya populasi dapat diatasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pemberian pollen subtitute terhadap perkembangan koloni lebah Trigona laeviceps. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2017 sampai Januari 2018. Pengambilan data dilakukan dengan cara pengamatan visual dan survey langsung ke lapangan. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk tabel dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pemberian pollen substitute menunjukkan adanya peningkatan koloni telur dan jumlah kantong madu, walaupun pada minggu ke-3 mengalami penurunan yang disebabkan oleh serangan hama (semut) yang tertarik dengan madu yang dicampur dengan pollen tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan pemberian pollen substitute dapat mempertahankan jumlah telur lebah sebagai calon koloni lebah dan pemberian pollen substitute dapat diberikan pada saat ketersediaan pollen dialam berkurang.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 04 Apr 2019 07:56
Last Modified: 04 Apr 2019 07:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17709

Actions (login required)

View Item View Item