PENGARUH TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI BERSYARAT (Studi Pada Perusahaan BUMN Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2019)

Kadir Al Jailani, Abdul and Pratama, Puspa Midiastuti and Madani, Hatta (2022) PENGARUH TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI BERSYARAT (Studi Pada Perusahaan BUMN Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2019). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Abdul Kadir Al Jailani C1C017065.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris mengenai pengaruh tata kelola perusahaan terhadap konservatisme akuntansi bersyarat. Konservatisme akuntansi bersyarat dalam penelitian ini diukur dengan model Givoly dan Hayn. Tata Kelola Perusahaan yand diproksikan dengan ukuran dewan direksi, komisaris independen, ukuran komite audit, kualitas KAP, dan kepemilikan manajerial. Sampel penelitian perusahaan BUMN yang terdaftar BEI tahun 2012 2019. Metode pemilihan sampel adalah metode Purposive Sampling yang keseluruhan berjumlah 40 observasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan Program SPSS. Hasil menunjukkan bahwa ukuran dewan direksi memiliki pengaruh negatif terhadap konservatisme akuntansi, dan komisaris independen, ukuran komite audit, kualitas KAP, dan kepemilikan manajerial tidak memiliki pengaruh terhadap konservatisme akuntansi. Keterbatasan dalam penelitian ini yaitu, menurut hasil penelitian sangat kurang pengaruh tata kelola perusahaan terhadap konservatisme akuntansi bersyarat. Kemudian, jumlah observasi yang didapatkan hanya berjumlah 40 sampel, yang walaupun cukup masih bisa ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 27 Feb 2024 07:00
Last Modified: 27 Feb 2024 07:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17722

Actions (login required)

View Item View Item