PERAN MANAJEMEN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PELAPORAN KEUANGAN PENGELOLA BUMDES DI KECAMATAN KARANG TINGGI, KABUPATEN BENGKULU TENGAH.

Prayuda, Bayu and Siti, Aisyah and Madani, Hatta (2022) PERAN MANAJEMEN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PELAPORAN KEUANGAN PENGELOLA BUMDES DI KECAMATAN KARANG TINGGI, KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI BAYU PRAYUDA_perpus_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) adalah badan hukum yang didirikan oleh desa guna mengelola usaha, memanfaatkan aset, mengembangkan investasi dan produktivitas, menyediakan jasa pelayanan, dan jenis usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat desa. BUMDes merupakan sebuah pendekatan baru yang diharapkan mampu menstimulasi dan menggerakkan roda perekonomian serta memanfaatkan potensi desa. Kunci keberhasilan dalam mengelola BUMDes terletak pada kualitas pengelolaan BUMDes. Maka diperlukan manajemen BUMDes yang mumpuni dalam menggerakkan sumber daya yang ada didalam BUMDes. Manajemen BUMDes memiliki peranan penting dalam mewujudkan tujuan BUMDes. Dalam prosesnya, BUMDes di Dusun Baru II dan Desa Karang Tinggi telah menerapkan empat fungsi manajemen yang dikemukan oleh George (2013) dalam serangkaian proses yakni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan dalam meningkatkan kemampuan pelaporan keuangan. Namun, kedua BUMDes tersebut belum optimal dalam menjalankan fungsi manajemen hingga ketidakmampuan pengelola BUMDes dalam pelaporan keuangan yang merupakan pertanggungjawabannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran dari keempat fungsi manajemen (perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan) serta agar mengetahui solusi hingga cara terbaik dalam meningkatkan kemampuan pelaporan keuangan BUMDes di Dusun Baru II dan Desa Karang Tinggi. Metode penelitian yang diggunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif studi kasus dengan pendekatan deskriptif pada dua BUMDes di Kecamatan Karang Tinggi, Kabupaten Bengkulu Tengah. Metode kualitatif ini menggunakan beberapa cara pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk memastikan keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi dalam penelitian ini. Sehingga didapati hasil penelitian bahwa peran dari fungsi manajemen di kedua BUMDes ini perlu dilakukan dan ditingkatkan kualitas pengelolaannya dari perencanaan hingga diakhiri dalam sebuah pertanggungjawaban agar dapat meningkatkan kemapuan pelaporan keuangan BUMDes. BUMDes Semidang Bukit Kabu dan BUMDes Maju Besame perlu meningkatkan kualitas pengelolaan dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan serta pengawasannya. Dengan kesimpulan bahwa kedua BUMDes perlu meningkatkan kualitas pengelola BUMDes dibidang akuntansi dalam tahapan awal perencanaan dalam proses rekrutmen, memberikan pelatihan dan pembinaan pengelolaan keuangan, hingga pengawasan dalam pertanggungjawaban yang mumpuni agar pelaporan keuangan yang dihasilkan dapat sesuai dengan aturan dan kaidah yang berlaku dan meningkatkanya kemampuan pelaporan keuangan pengelola BUMDes.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 27 Feb 2024 08:05
Last Modified: 27 Feb 2024 08:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17729

Actions (login required)

View Item View Item