PENGARUH PENERAPAN GREEN BANKING DAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERBANKAN SEBELUM DAN SESUDAH PANDEMI COVID-19 DENGAN KEPEMILIKAN ASING SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020)

Tri Utami, Henny and Madani, Hatta and Irwansyah, Irwansyah (2022) PENGARUH PENERAPAN GREEN BANKING DAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERBANKAN SEBELUM DAN SESUDAH PANDEMI COVID-19 DENGAN KEPEMILIKAN ASING SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Henny Tri Utami C1C018040_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan bukti secara empiris Pengaruh Penerapan Green Banking dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Sebelum dan Sesudah Pandemi Covid-19 dengan Kepemilikan Asing sebagai Variabel Moderasi. Kinerja keuangan perbankan dalam penelitian ini dukur menggunakan ROE, pengukuran terhadap penerapan green banking dilihat dari operasional harian green banking dan kebijakan green banking, pengukuran pengungkapan CSR menggunakan indikator POJK No.51/POJK.03/2017. Variabel moderasi dalam penelitian ini yaitu kepemilikan asing diukur dengan membagi jumlah kepemilikan saham oleh asing dengan jumlah saham beredar. Pengujian sebelum dan sesudah pandemi menggunakan uji wilxocon untuk melihat perbedaan ditahun sebelum adanya pandemi dan tahun sesudah adanya pandemi. Penelitian ini diuji menggunakan analisis regresi berganda, MRA dan uji Wilcoxon dengan program Eviews10. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2020. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode purpossive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 32 observasi. Hasil dari penelitian menunjukkan penerapan operasional green banking, penerapan kebijakan green banking dan pengungkapan corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap ROE, kepemilikan asing memperkuat pengaruh penerapan operasional green banking terhadap kinerja keuangan, kepemilikan asing memperlemah pengaruh penerapan kebijakan green banking dan pengungkapan corporate social responsibility terhadap kinerja keuangan, tidak adanya perbedaan penerapan green banking sebelum dan sesudah pandemi covid 19 dan terdapat perbedaan pengungkapan corporate social responsibility sebelum dan sesudah pandemi covid-19. Implikasi penelitian ini adalah memberikan informasi teoritis mengenai teori stakeholder. Bagi perbankan dan peneliti selanjutnya, penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi tambahan dan pemahaman mengenai apa saja yang dapat mempengaruhi kinerja keuangan perbankan terkhususnya ROE. Keterbatasan penelitian ini yaitu beberapa laporan keuangan maupun tahunan perusahaan sampel banyak yang tidak dapat di akses sehingga dari segi

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 27 Feb 2024 08:39
Last Modified: 27 Feb 2024 08:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17732

Actions (login required)

View Item View Item