PARTISIPASI MAHASISWA DALAM BERORGANISASI HIMPUNAN MAHASISWA PENDIDIKAN NONFORMAL FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS BENGKULU

Mases, Memet and Agus, Zainal Rachmat and Citra, Dwi Palenti (2022) PARTISIPASI MAHASISWA DALAM BERORGANISASI HIMPUNAN MAHASISWA PENDIDIKAN NONFORMAL FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Memet Mases SKIRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan partisipasi pikiran atau gagasan, tenaga, dan materi mahasiswa dalam organisasi Himpunan Mahasiswa Pendidikan Nonformal (HIMA PNF) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan dari keseluruhan pengurus HIMA Pendidikan Nonformal terdapat sebagian besar pengurus yang tidak aktif, sedangkan peserta kegiatan sudah sebagian besar aktif mengikuti seluruh kegiatan yang diselenggarakan HIMA Pendidikan Nonformal, dalam partisipasi mahasiswa dalam HIMA Pendidikan Nonformal ada beberapa alasan mahasiswa tidak mengikuti kegiatan HIMA Pendidikan Nonformal. Sementara untuk saat ini bentuk-bentuk partisipasi mahasiswa dalam HIMA Pendidikan Nonformal masih mengalami permasalahan atau hambatan. Hasil penelitian ini juga menunjukan bagaimana perkembangan kemajuan partisipasi dalam HIMA Pendidikan Nonformal terlihat dari keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan, terdapat juga faktor pendukung terlihat dari mahasiswa mulai sadar akan pentingnya berorganisasi dan penghambat terlihat dari adanya sebagian mahasiwa apatis dalam kegiatan hal ini yang mempengaruhi tingkat partisipasi mahasiswa dalam HIMA Pendidikan Nonformal, dan adanya upaya sebagai solusi untuk mengatasi masalah partisipasi mahasiswa dengan mengadakan pelatihan manajemen organisasi dan memotivasi mahasiswa untuk terlibat aktif dalam kegiatan HIMA Pendidikan Nonformal. Kata Kunci : Partisipasi, Mahasiswa, Organisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 28 Feb 2024 08:03
Last Modified: 28 Feb 2024 08:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17734

Actions (login required)

View Item View Item