ANALISIS KINERJA PELAYANAN PUBLIK PEMERINTAH DAERAH KOTA BENGKULU (Studi Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu)

Ibrahim, Kemal and Purmini, Purmini and Bambang, Agoes Hermanto (2022) ANALISIS KINERJA PELAYANAN PUBLIK PEMERINTAH DAERAH KOTA BENGKULU (Studi Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Skripsi Kemal Ibrahim Lengkap.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (564kB)

Abstract

Aspek pelayanan dalam suatu organisasi publik memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan performa dan kredibilitas suatu institusi. Pelayanan publik (public services) oleh birokrasi publik merupakan salah satu perwujudan dari fungsi aparatur pemerintah sebagai abdi masyarakat di samping sebagai abdi negara. Pelayanan publik (public services) oleh birokrasi publik dimaksudkan untuk mensejahterakan masyarakat selaku komponen warga negara dari suatu negara berorieantasi pada suatu kesejahteraan (welfare state). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kinerja pelayanan adminsitrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey yaitu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi yang menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpul data. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuisioner dan wawancara. Responden penelitian berjumlah 100 orang. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menghitung frekuensi, nilai rata-rata dan persentase. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa rata-rata jawaban responden (masyarakat) puas dengan pelayanan administrasi kependudukan yang diberikan oleh pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai rata-rata jawaban sebesar 3,72 (berada pada skala interval baik (3,40 – 4,19)).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 29 Feb 2024 03:02
Last Modified: 29 Feb 2024 03:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17748

Actions (login required)

View Item View Item