EVALUASI PROGRAM E-WARONG KUBE PKH BERDASARKAN PERMENSOS RI NOMOR 8 TAHUN 2017 DALAM UPAYA PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI KOTA BENGKULU

ANGGRAINI, WENISA and Loesida, Roeliana and Suratman, Suratman (2022) EVALUASI PROGRAM E-WARONG KUBE PKH BERDASARKAN PERMENSOS RI NOMOR 8 TAHUN 2017 DALAM UPAYA PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI WENISA ANGGRAINI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

E-Warong KUBE PKH adalah program pelayanan publik dari Kementerian Sosial untuk menyalurkan bantuan sosial yang dahulunya berupa bantuan uang tunai menjadi bantuan non-tunai. Untuk mewujudkan penyaluran bantuan yang di maksud maka ditetapkan kebijakan bantuan pengembangan sarana usaha melalui Elektronik Warung Gotong Royong Kelompok Usaha Bersama Program Keluarga Harapan (E-Warong KUBE PKH). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang Evaluasi Program E-WARONG KUBE PKH Berdasarkan Permensos RI Nomor 8 Tahun 2017 dalam Upaya Penanggulangan Kemiskinan di Kota Bengkulu. Lokasi penelitian ini dilakukan di Kecamatan Muara Bangkahulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif untuk memberikan gambaran yang jelas terhadap masalah penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Aspek penelitian ini menggunakan teori Bridgman dan Davis yaitu input, process, output dan outcomes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek input, yaitu sumber daya manusia, dana dan bangunan, Aspek Process yakni ketepatan tata cara pembentukan E-Warong KUBE PKH dan proses operasional E-Warong KUBE PKH, Aspek Output yakni penilaian hasil terhadap keaktifan anggota E-Warong KUBE PKH dan Aspek Outcomes yakni dampak dari terkena kebijakan tersebut ternyata belum terlaksana dengan baik karena masih terdapat berbagai permasalahan di dalam pelaksanaan E-Warong KUBE PKH. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan program E�Warong KUBE PKH di Kecamatan Muara Bangkahulu telah terlaksana dengan cukup baik akan tetapi belum optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 29 Feb 2024 03:17
Last Modified: 29 Feb 2024 03:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17751

Actions (login required)

View Item View Item