STRATEGI PROMOSI PRODUK CICIL EMAS KEPADA MASYARAKAT DI PT BANK SYARIAH MANDIRI CABANG BENGKULU

SILVIA, WIDIANA and Sugeng, Suharto and Nursanty, Nursanty (2021) STRATEGI PROMOSI PRODUK CICIL EMAS KEPADA MASYARAKAT DI PT BANK SYARIAH MANDIRI CABANG BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi WIDIANA Silvia FIXX CD.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Strategi promosi merupakan kegiatan yang direncanakan untuk menjual produk atau layanan ke pelanggan. Untuk mensukseskan strategi promosi maka sebuah perusahaan harus memberikan pelayanan publik yang sesuai dengan keinginan masyarakat. Salah satu produk yang perlu dikembangkan adalah mengenai cicl emas. Perkembangan cicil emas pada Bank Syariah Mandiri terus meningkat sejak diperkenalkan pada tahun 2013, hingga april 2018 menunjukan pertumbuhan bisnis emas hingga 14% year on year (yoy). Dalam penelitian kali ini memiliki tujuan untuk mengetahui strategi promosi yang digunakan oleh PT Bank Syariah Mandiri dalam memperkenalkan produk cicil emas kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Aspek pada penelitian ini adalah Penjualan Personal (gathering nasabah, sosialisasi), Periklanan (pembagian brosur, pemasangan spanduk dan promosi melalui televisi) dan Publisitas (whatsapp, facebook dan instagram). Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa pada penjualan personal Gathering Nasabah kurang efektif dilakukan karena untuk melaksanakan gathering nasabah membutuhkan biaya yang besar sedangkan sosialisasi tidak rutin dilaksanakan. Pada periklanan terlihat bahwa pembagian brosur rutin dilakukan setiap hari kamis pagi sedangkan untuk pemasangan spanduk telah dilaksanakan dengan baik kemudian promosi melalui televisi baru dilakukan pada tahun ini. Kemudian pada aspek publisitas terlihat bahwa promosi melalui WA dilakukan dengan cara mempromosikan produk cicil emas melalui WA story pribadi milik pegawai BSI, kemudian promosi melalui facebook sangat efektif, karena sangat mudah untuk dilakukan hanya dengan memposting foto brosur produk cicil emas, lalu promosi melalui instagram sangat efektif dilakukan. Hambatan yang terjadi pada saat melaksanakan gathering nasabah yaitu kegiatan gathering nasabah tidak rutin dilaksanakan, hal itu disebabkan karena untuk melaksanakan gathering nasabah membutukan biaya yang besar, waktu yang banyak serta tenaga yang banyak juga. Yang menjadi hambatan untuk melaksanakan strategi promosi ini yaitu sulitnya untuk mendapatkan izin dari pihak penyelenggara acara tidak mudah. Hambatan pada strategi membagikan brosur yaitu kurangnya titik pembagian brosur karena pegawai yang bertugas untuk membagikan brosur sedikit. Yang menjadi hambatan dalam strategi memasang spanduk adalah sedikitnya jumlah nasabah yang memiliki usaha untuk diajak bekerjasama.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 29 Feb 2024 03:23
Last Modified: 29 Feb 2024 03:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17752

Actions (login required)

View Item View Item