PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PELAKSANAAN PROGRAM BADAN USAHA MILIK DESA (Studi di Desa Muara Sindang Kecamatan Pasemah Air Keruh Kabupaten Empat Lawang)

AMANDA, YEZA and Djonet, Santoso and Yorry, Handayani (2021) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PELAKSANAAN PROGRAM BADAN USAHA MILIK DESA (Studi di Desa Muara Sindang Kecamatan Pasemah Air Keruh Kabupaten Empat Lawang). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
bismillah draft skripsi fix - yeza amanda 2.. (2)1.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

BUMDes merupakan lembaga usaha desa yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintahan desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa. Partisipasi masyarakat merupakan modal utama dalam upaya mencapai sasaran dari program BUMDes Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Partisipasi Masyarakat Dalam Pelaksanaan Program Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Di Desa desa Muara Sindang Kecamatan Pasemah Air Keruh Kabupaten Empat Lawang dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif untuk memberikan gambaran yang jelas terhadap masalah penelitian. Aspek penelitian berpedoman pada teori Jenis- Jenis Partisipasi (Cohen dan Uphoff) yaitu: dari partisipasi masyarakat dalam tahap pengambilan keputusan, partisipasi masyarakat dalam tahap pelaksanaan, partisipasi masyarakat dalam pemanfaatan hasil hingga evaluasi. Hasil penelitian pada aspek partisipasi masyarakat dalam tahap pengambilan keputusan terlihat bahwa dalam proses pembuatan keputusan hanya dilakukan ditingkat atas saja tanpa melibatkan warganya secara langsung. Kemudian partisipasi masyarakat dalam tahap pelaksanaan terlihat bahwa tidak semua masyarakat ikut secara langsung dalam proses pengerjaan. Pada aspek partisipasi masyarakat dalam pemanfaatan terlihat bahwa hasil dari program�program yang dilaksanakan BUMDes dapat membantu memenuhi kebutuhan anggota BUMDes namun ada juga masyarakat yang merasa belum mendapatkan manfaat dari adanya BUMDes. Pada aspek partisipasi dalam evaluasi sudah ada menunjukkan bahwa banyak dari masyarakat ikut dalam memberikan evaluasi�evaluasi, harapan, protes dan saran. Tidak hanya masyarakat saja bahkan dari pihak kepala desa dan pengurus BUMDes pun juga mempunyai harapan harapan yang bisa dijadikan bahan evaluasi selanjutnya. Adapun faktor-faktor yang menjadi penghambat yaitu faktor kurangnya kesadaran masyarakat dalam melakukan kewajibannya dalam pelaksanaan program BUMDes serta masih minimnya sosialisasi yang diberikan oleh pengurus BUMDes terkait dengan program BUMDes dan masih minimnya kemampuan mengelola dari pengurus BUMDes menyebabkan belum berjalannya secara optimal program-program BUMDes seperti yang diharapkan oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 29 Feb 2024 04:03
Last Modified: 29 Feb 2024 04:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17759

Actions (login required)

View Item View Item