PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN METODE CBSA DI TPQ MAKRIFATUL ILMI MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN TAHUN 2022

Apriana, Bela and Sofino, Sofino and Citra, Dwi Palenti (2022) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN METODE CBSA DI TPQ MAKRIFATUL ILMI MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN TAHUN 2022. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI FIKS BELA apriana.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode CBSA di TPQ makrifatul ilmi, subjek penelitian sebanyak empat orang, metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data: teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. teknik analisis data: reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan, keabsahan data menggunakan teknik triaggulasi. hasil penelitian berdasarkan masalah dan tujuan penelitian, hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pertama cara guru memberikan rangsangan berfikir kepada peserta didik untuk memecahkan masalah dengan metode CBSA yaitu guru menjelaskan materi yang akan di pelajari, selanjutnya guru memberikan pertanyaan kepada santri, dari pertanyaan akan muncul sebuah masalah,dari permasalahan santri akan terangsang untuk berfikir bagaimana cara menghadapi masalah, seperti membaca Al-Quran dengan tajwid yang benar. Kedua,sumber belajar yang digunakan yaitu Al-Qur’an dan IQRO. Teknik digunakan: teknik CBSA, asistensi, privat dan berkelompok, bahan ajar: buku doa-doa harian, surat pendek dan hadits, Media: Al-Quran dan papan tulis, alat/perlengkapan:papan tulis,meja belajar, absensi, buku evaluasi dan tempat wudhu. Ketiga.kegiatan belajar yang bervariasi dengan Metode CBSA Di TPQ Makrifatul Ilmi yaitu kegiatan belajar dilakukan secara berkelompok dan individual. hambatan dalam kegiatan pembelajaran Al-Quran yaitu santri kurang percaya diri dalam membaca Al-Qur’an.Keempat, suasana belajar Al-Qur’an di TPQ makrifatul ilmi kondusif, pembelajaran dilakukan sntai tetapi serius. Ke lima, Hasil yang dicapai santri yaitu Kemampuan mengingat dan berpikir dengan guru mengadakan tes lisan untuk mengetahui batas pemahaman santri mengenai cara praktik sholat, praktik wudhu dan membaca Al-Quran dengan tajwid . Keterampilan yang di dapat yaitu gerakan mulut saat membaca tajwid Al-Quran dan gerakan badan saat praktek sholat dan wudhu, nilai yang didapat dilihat dari raport evaluasi hasil belajar siswa. Kata Kunci :Pembelajaran, Al-Quran, Metode CBSA, TPQ

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 19 Apr 2024 07:41
Last Modified: 19 Apr 2024 07:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17768

Actions (login required)

View Item View Item