PENERAPAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (Tindakan Kelas di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Marjan Kota Bengkulu)

Mameta, Mameta and Rambat, Nur Sasongko and Sumarsih, Sumarsih (2018) PENERAPAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (Tindakan Kelas di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Marjan Kota Bengkulu). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
TESIS MBAK MAMETA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian (1) mendeskripsikan proses penerapan supervisi kepala sekolah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), (2) untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran. (RPP) melalui penerapan supervisi kepala sekolah. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan sekolah dengan 4 siklus. Subjek penelitian guru kelas 2, 3, 4, dan 5. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan rumus rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan penerapan supervisi kepala sekolah meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran pada siklus 1 nilai rata-rata 72,75 dengan kreteria kurang, siklus 2 nilai rata-rata 77,75 dengan kreteria cukup, siklus 3 nilai rata-rata 82 dengan kreteria baik, siklus 4 nilai rata-rata 83,25 dengan kreteria baik. Kata kunci: Supervisi, kinerja Guru, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: Septi Septi
Date Deposited: 09 Apr 2019 04:58
Last Modified: 09 Apr 2019 04:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17772

Actions (login required)

View Item View Item