MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN PENJASKES SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI DAERAH PERBATASAN ( Studi Kasus di SMP Negeri 11 Rejang Lebong )

Arisandy, Mei and Rambat, Nur Sasongko and Connie, Connie (2018) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN PENJASKES SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI DAERAH PERBATASAN ( Studi Kasus di SMP Negeri 11 Rejang Lebong ). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
TESIS OK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan perencanaan, pengadaan, penggunaan, inventarisasi, pemeliharaan, serta penyimpanan sarana dan prasarana pendidikan di SMP Negeri 11 Rejang Lebong, serta kendala yang dihadapi sekolah dalam manajemen sarana dan prasarana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah sebagai informan kunci, waka sarana dan prasarana, guru, dan komite serta siswa sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan, meliputi observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan sarana prasarana dilakukan oleh panitia tiap awal tahun pelajaran, (2) pengadaan sarana dan prasarana dilakukan dengan cara membeli, bantuan, dan membuat sendiri, (3) penggunaan sarana dan prasarana disesuaikan dengan kebutuhan serta mengikuti tata tertib yang telah dibuat, (4) penyimpanan, pemeliharaan,dan inventarisasi, dilakukan dalam rangka penyempurnaan pengurusan dan pengawasan. Sekolah melakukan kegiatan inventarisasi yang dilaksanakan oleh waka sarana dan prasarana penghapusan sarana dan prasarana dilakukan terhadap sarana dan prasarana yang rusak atau hilang, serta kendala yang dihadapi sekolah dalam manajemen sarana dan prasarana adalah keterbatasan dana, kompetensi petugas yang belum memadai serta belum semua guru memiliki kesadaran terhadap pemeliharaan dan penggunaan sarana dan prasarana pendidikan. Kata kunci : Manajemen sarana dan prasarana, sekolah perbatasan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: Septi Septi
Date Deposited: 09 Apr 2019 05:09
Last Modified: 09 Apr 2019 05:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17775

Actions (login required)

View Item View Item