PENGARUH NILAI TUKAR (KURS), TINGKAT SUKU BUNGA SBI, INFLASI, DAN JUMLAH UANG BEREDAR TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN (IHSG) DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Darmawanto, Kevin and Bambang, Agoes Hermanto and Armelly, Armelly (2022) PENGARUH NILAI TUKAR (KURS), TINGKAT SUKU BUNGA SBI, INFLASI, DAN JUMLAH UANG BEREDAR TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN (IHSG) DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Kevin.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Pasar Modal merupakan salah satu alat penggerak perekonomian disuatu negara,pergerakan pasar modal dilihat dari naik turunnya harga saham yang di catat pada Indeks Harga Saham Gabungan pergerakan IHSG dipengaruhi oleh beberapa variabel seperti nilai tukar (KURS),tingkat suku bunga SBI,inflasi dan jumlah uang beredar. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh nilai tukar (KURS), tingkat suku bunga SBI, inflasi dan jumlah uang beredar terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). Periode yang digunakan dalam penelitian ini adalah 11 (sebelas) tahun mulai dari tahun 2010-2021. Penelitian ini menggunakan metode regresi linear berganda dan menggunakan program eviews,data yang digunakan adalah data sekunder dengan batas derajat kesalahan sebesar 0,05. Berdasarkan hasil uji F variabel nilai tukar (KURS),tingkat suku bunga SBI,inflasi dan jumlah uang beredar berpengaruh secara simultan terhadap variabel indeks harga saham gabungan. Sedangkan hasil uji t variabel nilai tukar (KURS), jumlah uang beredar berpengaruh postif dan signifikan terhadap indeks harga saham gabungan, variabel tingkat suku bunga SBI berpengaruh negatif dan signifikan terhadap indeks harga saham gabungan sedangkan variabel inflasi tidak signifikan terhadap indeks harga saham gabungan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 25 Mar 2024 03:47
Last Modified: 25 Mar 2024 03:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17798

Actions (login required)

View Item View Item