Permata Sari, Anggellisata and Seprianti, Widanti and Syaiful, Dewi Anggraini (2022) PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT, INFLUENCER MARKETING DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP PURCHASE INTENTION BELANJA ONLINE DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PENGGUNA TIKTOK SHOP. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
SKRIPSI_AnggellistaPermataSari_C1B018054_PEMASARAN2022.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Aplikasi Tiktok menempati peringkat keempat dengan rata-rata waktu per pengguna mencapai 13.8 jam/bulan menjadi aplikasi media sosial yang paling sering digunakan banyak orang, kesempatan itu dimanfaatkan Tiktok dengan menampilkan fitur terbarunya sejak April 2021 yaitu TikTok Shop yang berfungsi sebagai perdagangan elektronik jenis baru di media sosial dengan meningkatnya Tiktok Shop maka banyak selebriti dan influencer lebih aktif menggunakan media sosial Tiktok. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran brand image dalam memediasi pengaruh celebrity endorsement, influencer marketing dan electronic word of mouth terhadap niat beli belanja online di Tiktok Shop. Penelitian ini menggunakan data primer dan memperoleh sampel sebanyak 170 responden dengan menggunakan metode non-probability sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan PLS-SEM dengan bantuan program SmartPls versi 3.3.7. uji yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu uji outer model, inner model, uji hipotesis dan pengujian efek mediasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa celebrity endorsement, influencer marketing, dan electronic word of mouth berpengaruh terhadap niat beli. Dukungan selebriti, pemasaran influencer, dan berita elektronik dari mulut ke mulut berpengaruh pada citra merek. Brand image mampu memediasi pengaruh influencer marketing dan electronic word of mouth terhadap purchase intention, sedangkan brand image tidak mampu memediasi pengaruh celebrity endorsement. Berdasarkan hal tersebut maka disarankan kepada perusahaan Tiktok Shop dan para produsen produk untuk menggunakan dukungan selebriti. Pemasaran influencer dan electronic word of mouth lebih baik dimediasi oleh brand image. Dalam membentuk electronic word of mouth yang baik, produsen memb
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 08:05 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 08:05 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17807 |
Actions (login required)
View Item |