PENERIMAAN PEMBELAJARAN DARING ZOOM PADA MAHASISWA INDONESIA SELAMA PANDEMI COVID-19 MENGGUNAKAN TAM (TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL)

Satya Grahatama, Berlian and Fachri, Widanti and Syaiful, Dewi Anggraini (2021) PENERIMAAN PEMBELAJARAN DARING ZOOM PADA MAHASISWA INDONESIA SELAMA PANDEMI COVID-19 MENGGUNAKAN TAM (TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI BERLIAN SATYA GRAHATAMA_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor penerimaan pembelajaran daring zoom pada mahasiswa Indonesia selama pandemic COVID-19 dengan menerapkan pendekatan model penerimaan teknologi (TAM). Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Apakah attitude toward use berpengaruh terhadap behavioral intention pada pembelajaran online aplikasi zoom?, (2) Apakah perceived usefulness berpengaruh terhadap behavioral intention pada pembelajaran online aplikasi zoom?, (3) Apakah perceived ease of use berpengaruh terhadap attitude toward use pada pembelajaran online aplikasi zoom?, (4) Apakah perceived usefulness berpengaruh terhadap attitude toward use pada pembelajaran online aplikasi zoom?, (5) Apakah perceived ease of use berpengaruh terhadap perceived usefulness pada pembelajaran online aplikasi zoom?. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan cara melakukan penyebaran kuesioner secara online. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Indonesia pengguna aplikasi zoom. Sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil dengan metode purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 353 responden. Analisis dalam penelitian ini menggunakan SEM-AMOS versi 22.0. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: 1) Attitude toward use tidak berpengaruh terhadap behavior intention, 2) Perceived usefulness berpengaruh signifikan terhadap behavior intention, 3) perceived ease of use tidak berpengaruh signifikan terhadap attitude toward use, 4) perceived usefulness berpengaruh signifikan terhadap behavior intention, 5) perceived ease of use berpengaruh signifikan terhadap perceived usefulness. Penelitian ini berkontibusi pada pemahaman literatur tentang faktor penerimaan pembelajaran daring menggunakan aplikasi zoom dengan menerapkan model TAM.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 03 Apr 2024 03:44
Last Modified: 03 Apr 2024 03:44
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17809

Actions (login required)

View Item View Item