PENGARUH KETEPATAN WAKTU ULASAN, KUANTITAS ULASAN, VALENSI ULASAN DAN KELENGKAPAN ULASAN TERHADAP NIAT BELI DARING DI MARKETPLACE (STUDI PADA PRODUK PONSEL PINTAR)

Ramadhari Putri, Jenni and Fachri, Eka Saputra and Berto, Usman (2022) PENGARUH KETEPATAN WAKTU ULASAN, KUANTITAS ULASAN, VALENSI ULASAN DAN KELENGKAPAN ULASAN TERHADAP NIAT BELI DARING DI MARKETPLACE (STUDI PADA PRODUK PONSEL PINTAR). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
skripsi jenni ramadhari putri_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Pengguna internet diseluruh dunia baik ponsel maupun komputer mengalami kenaikan terus menerus. Dengan adanya perkembangan internet dapat merubah pola perilaku masyarakat dalam berinteraksi dan berkomunikasi yang dapat dilakukan secara jarak jauh (Riyanto, 2021). Salah satu pola perilaku masyarakat yang mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan internet adalah pola perilaku berbelanja secara daring. Pola perilaku berbelanja secara daring juga dapat dilihat melalui perkembangan marketplace yang ada di Indonesia untuk membeli produk tertentu terutama pembelian ponsel pintar secara daring melalui marketplace. Berbelanja secara daring melalui marketplace menjadi sebuah tantangan bagi seorang konsumen, untuk meyakinkan konsumen bahwa produk yang akan dibeli memiliki kualitas yang baik maka konsumen akan mencari informasi terkait produk tersebut. Untuk meyakinkan niat pembelian konsumen terhadap produk yang akan dibeli, maka dibutuhkan informasi yang akan digunakan dalam memutuskan pembelian suatu produk. Informasi dalam berbelanja daring bisa didapatkan salah satunya melalui ulasan produk. Kelengkapan ulasan juga menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli suatu produk, dimana informasi produk yang lengkap dan jelas akan lebih meyakinkan konsumen, sehingga ulasan dapat dijadikan dasar pertimbangan bagi konsumen dalam memutuskan untuk melanjutkan atau tidak niat pembelian terhadap produk tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk meneliti (1) apakah ketepatan waktu ulasan berpengaruh signifikan terhadap niat beli daring, (2) apakah kuantitas ulasan berpengaruh signifikan terhadap niat beli daring, (3) apakah valensi ulasan berpengaruh signifikan terhadap niat beli daring, (4) apakah kelengkapan ulasan berpengaruh signifikan terhadap niat beli daring. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan cara melakukan penyebaran kuesioner secara online. Berdasarkan dimensi waktu, penelitian ini dikategorikan ke dalam penelitian cross sectional, yaitu penelitian yang pengambilan datanya akan dilakukan melalui penyebaran kuesioner hanya dalam satu waktu saja (yang dilakukan selama

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 19 Apr 2024 07:41
Last Modified: 19 Apr 2024 07:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17814

Actions (login required)

View Item View Item