PENGARUH KEPERCAYAAN KONSUMEN, NILAI EMOSIONAL, NILAI FUNGSIONAL DAN NILAI SOSIAL TERHADAP LOYALITAS MEREK IPHONE DI INDONESIA

Gusti Anjani, Maya and Seprianti, Eka Putri and Muhammad, Yasser Iqbal Daulay (2022) PENGARUH KEPERCAYAAN KONSUMEN, NILAI EMOSIONAL, NILAI FUNGSIONAL DAN NILAI SOSIAL TERHADAP LOYALITAS MEREK IPHONE DI INDONESIA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
MAYA GUSTI ANJANI SKRIPSI CETAK KUNING (1)_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Smartphone bagi sebagian orang bukan hanya sebagai alat komunikasi, tetapi juga mendukung status sosial. Iphone merupakan smartphone yang dinilai memiliki harga yang tinggi dengan pangsa pasar tahun 2019 mengcapai 19.7% dengan jumlah penjualan 71.7 juta dan untuk pangsa pasar tahun 2020 mencapai 21.3% dengan penjualan 78.4 juta di Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) apakah kepercayaan konsumen berpengaruhterhadap loyalitas merek, (2) apakah nilai emosional berpengaruhterhadap loyalitas merek, (3) apakah nilai fungsional berpengaruhterhadap loyalitas merek, dan(4) apakah nilai sosial berpengaruhterhadap loyalitas merek. Loyalitas merek adalah sebagai sikap positif seorang konsumen terhadap suatu merek dan konsumen memiliki keinginan yang kuat untuk membeli ulang produk yang sama pada saat ini dan masa yang akan mendatang. Semakin konsumen loyal terhadap merek maka akan terbentunya suatu kepercayaan konsumen yang juga dapat berpengaruh terhadap perusahaan Apple sehingga perusahaan juga akan semakin meningkatkan suatu nilai emosional konsumen yang bersifat positif agar konsumen merasa puas akan produk yang ditawarkan oleh perusahaan, selain itu dalam niai fungsional perusahaan juga memberikan kegunaan yang berkaitan secara langsung dengan fungsi produk dan juga layanan dan untuk nilai sosial dapat dirasakan secara langsung oleh konsumen dimana konsumen merasa percaya diri, dan juga dapat meningkatkan hubungan sosial dengan orang lain. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dimana terdapat pengujian hipotesis. Metode pengumpulan data dengan cara melakukan penyebaran kuesioner online melalui media sosial untuk mendapatkan informasi dari responden. Populasi dari penelitian ini adalah pengguna smartphone iphone di Indonesia.Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik pusposive sampling.Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 202 responden.Analisis dalam penelitian ini menggunakan SPPS 22 for windows.Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa kepercayaan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek.Hasil temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat kepercayaan konsumen, maka semakin tinggi juga tingkat loyalitas merek dalam pengguna Iphone di Indonesia.Nilai emosionalberpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek.Hasil temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat nilai emosional, maka semakin tinggi juga tingkat loyalitas merek pengguna produk Iphone di Indonesia.Nilai fungsional berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek.Hasil temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat nilai fungsional, maka semakin tinggi juga tingkat loyalitas merek pengguna produk Iphone di Indonesia.Nilai sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek.Hasil temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat nilai sosial, maka semakin tinggi juga tingkat loyalitas merek pengguna Iphone di Indonesia. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman literature tentang loyalitas merek.Menyarankan kepada perusahaan Apple untuk melakukan inovasi produk dan menciptakan produk-produk edisi terbatas agar konsumen lebih bersemangat untuk memilikinya. Penelitian selanjutnya diharapkan untuk mengembangkan variabel lain yang dapat mengukur loyalitas merek serta smartphone lainnya yang yang ada di Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 03 Apr 2024 07:52
Last Modified: 03 Apr 2024 07:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17817

Actions (login required)

View Item View Item