PENGARUH PERSON-ORGANIZATION FIT DAN SERVANT LEADERSHIP TERHADAP INNOVATIVE WORK BEHAVIOR: PSYCHOLOGICAL EMPOWERMENT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus Pada Pegawai Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Bengkulu)

Chairil, Eka Putri and Gerry, Suryosukmono and Fahrudin, Js Pareke (2022) PENGARUH PERSON-ORGANIZATION FIT DAN SERVANT LEADERSHIP TERHADAP INNOVATIVE WORK BEHAVIOR: PSYCHOLOGICAL EMPOWERMENT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus Pada Pegawai Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI NANA SURAYA C1B018087 MANAJEMEN FEB UNIB fix_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Pembangunan infrastruktur mempunyai peranan yang cukup besar dalam kehidupan masyarakat. Ketersediaan infrastruktur seperti transportasi, sanitasi, pengairan, bangunan-bangunan gedung dan fasilitas lain yang diperlukan bagi masyarakat untuk menunjang perekonomian dan mewujudkan kesejahteraan. Salah satu instansi yang bertugas untuk membangun dan merawat infrastruktur pada suatu daerah yaitu Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi bengkulu. Penelitian ini dilakukan untuk menguji (1) person-organization fit berpengaruh terhadap innovative work behavior (2) servant leadership berpengaruh terhadap innovative work behavior (3) psychological empowerment berpengaruh terhadap innovative work behavior (4) person-organization fit berpengaruh terhadap psychological empowerment (5) servant leadership berpengaruh terhadap psychological empowerment (6) psychological empowerment memediasi pengaruh person-organization fit terhadap innovative work behavior (7) psychological empowerment memediasi pengaruh servant leadership terhadap innovative work behavior Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dimana terdapat pengujian hipotesis. Metode pengumpulan data dengan cara melakukan penyebaran kuesioner onffline melalui hand delivery survey. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai yang bekerja di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Bengkulu. Penelitian ini memiliki 68 pertanyaan yang diberikan kepada responden. Jumlah responden dalam penelitian ini yang diolah adalah sebanyak 154 responden. Analisis dalam penelitian ini menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa person-organization fit berpengaruh negatif signifikan terhadap innovative work behavior. Servant leadership berpengaruh positif signifikan terhadap innovative work behavior. Psychological empowerment berpengaruh positif signifikan terhadap innovative work behavior.Person-organization fit berpengaruh positif signifikan terhadap psychological empowerment. Servant leadership berpengaruh positif signifikan terhadap psychological empowerment. Psychological empowerment memediasi pengaruh person-organization fit terhadap innovative work behavior. Psychological empowerment memediasi pengaruh servant leadership terhadap innovative work behavior. Adapun saran yang diberikan dalam penelitian ini bagi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Bengkulu yaitu untuk dapar memberikan penilaian yang bersifat membangun dan mendukung gagasan pegawai, lebih dapat memperhatikan peran seorang pemimpin, memberikan pelatihan untuk menambah skill pegawai, melakukan sharing session bersama pegawai, dan memberikan tindaklanjut terhadap pegawai yang jurusannya berbanding terbalik dengan pekerjaan mereka saat ini.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 03 Apr 2024 08:12
Last Modified: 03 Apr 2024 08:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17820

Actions (login required)

View Item View Item