Mufidatul Khair, Syifa and Rina, Yasser Iqbal Daulay and Syaiful, Anwar (2022) REPURCHASE INTENTION DENGAN PENDEKATAN TAM DAN TPB (Studi pada Konsumen E-commerce di Indonesia Pada Saat Pandemi Covid-19). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
syifa.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Merebaknya virus corona (Covid-l9) telah membawa pengaruh pada perilaku masyarakat, khususnya terhadap perilaku konsumen Indonesia. Perilaku konsumen merupakan bentuk kegiatan yang dilakukan terkait pencarian informasi tentang barang dan jasa, pembelian dan aktivitas konsumsi produk dan jasa itu sendiri. Pada masa pandemi Covid-19, perubahan perilaku konsumen terjadi pada cara dan metode pencarian informasi tentang barang dan jasa serta aktivitas pembelian produk dan jasa. Jika selama ini, guna mendapatkan produk dan jasa, tidak sedikit konsumen masih mencari secara offline dengan mendatangi langsung tempat penjual dan sebagian lainnya sudah melakukan aktivitas pembelian secara online. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh perceived ease of use dan perceived usefulness terhadap attitude dan repurchase intention konsumen e commerce di lndonesia. Selain itu juga, penelitian ini bertujuan menganalisis peran attitude penggunaan e-commerce dalam memediasi pengaruh perceived ease of use dan perceived usefulness terhadap repurchase intention konsumen e commerce di Indonesia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Responden penelitian ini adalah konsumen e-commerce di Indonesia yang diambil dengan teknik accidental sampling, diperoleh 415 kuesioner yang telah diisi dengan jumlah 400 kuesioner yang dibutuhkan. Metode analisis data digunakan analisis deskriptif dan analisis partial least square (PLS). Dari hasil penelitian diketahui bahwa (1) Perceived ease of use berpengaruh positif signifikan terhadap attitude konsumen e-commerce di Indonesia. Hasil ini memberikan arti bahwa kemudahan penggunaan (perceived ease of use) dan platform yang digunakan dalam online shopping akan meningkatkan attitude konsumen e-commerce; (2) Perceived of usefulness berpengaruh positif signifikan terhadap Attitude konsumen e-commerce di Indonesia. Hasil ini memberikan arti bahwa manfaat penggunaan (perceived of usefulness) dan platform yang digunakan dalam online shopping akan meningkatkan attitude konsumen e-commerce; (3) Perceived ease of use berpengaruh positif signifikan terhadap Repurchase Intention konsumen e commerce di Indonesia. Hasil ini memberikan arti bahwa kemudahan penggunaan (perceived ease of use) dan platform yang digunakan dalam online shopping akan meningkatkan keinginan konsumen e-commerce untuk membeli ulang; (4) Perceived of usefulness berpengaruh positif signifikan terhadap Repurchase Intention konsumen e-commerce di Indonesia. Hasil ini memberikan arti bahwamanfaat penggunaan (perceived of usefulness) dan platform yang digunakan dalam online shopping akan meningkatkan keinginan konsumen e-commerce untuk melakukan pembelian ulang; (5) Attitude berpengaruh positif signifikan terhadap Repurchase Intention konsumen e-commerce di Indonesia. Hasil ini memberikan arti bahwa sikap konsumen (Attitude) akan meningkatkan keinginan konsumen e-commerce untuk melakukan pembelian ulang; (6) Attitude memediasi secara partially pada pengaruh perceived ease of use terhadap repurchase intention konsumen e-commerce di Indonesia. Hasil ini berarti bahwa perceived ease of use dan attitude secara positif meningkatkan keinginan konsumen e-commerce di Indonesia untuk melakukan pembelian ulang (Repurchase Intention); dan (7) Attitude memediasi secara partially pada pengaruh perceived of usefulness terhadap repurchase intention konsumen e commerce di Indonesia. Hasil ini berarti bahwa perceived of usefulness dan attitude secara positif meningkatkan keinginan konsumen e-commerce di Indonesia untuk melakukan pembelian ulang (repurchase intention).
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 04 Apr 2024 02:54 |
Last Modified: | 04 Apr 2024 02:54 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17829 |
Actions (login required)
View Item |