PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERBASIS BAHAN AJAR KONSERVASI PESISIR PANTAI BENGKULU TERHADAP LITERASI SAINS BAGI SISWA SD NEGERI KOTA BENGKULU

Apriani, Shinta and Agus, Susanta and Endang, Widi Winarni (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERBASIS BAHAN AJAR KONSERVASI PESISIR PANTAI BENGKULU TERHADAP LITERASI SAINS BAGI SISWA SD NEGERI KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Tesis Shinta Apriani (A2G016039).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis Bahan Ajar Konservasi Pesisir Pantai Bengkulu Terhadap Literasi Sains Pada Siswa SD Negeri Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experimental serta desain yang digunakan The Matching Only Pretes-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Kota Bengkulu yang berjumlah 90 orang jumlah keseluruhan terdapat pada tiga kelas. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster random sampling, dalam penelitian ini hanya menggunakan dua kelas sehingga diperoleh kelas IVA yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol, kelas IVC yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas IVA SD Negeri 11Kota Bengkulu sebagai kelas uji coba instrumen. Instrumen penelitian berupa lembar tes, lembar angket dan lembar observasi. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan Uji-t dua sampel independen, diperoleh bahwa: 1) Terdapat pengaruh hasil aspek pengetahuan yang signifikan dengan menerapkan bahan ajar berbasis konservasi pesisir pantai Bengkulu pada siswa Kelas IV di SD Negeri 01 Kota Bengkulu. 2) Terdapat pengaruh aspek sikap yang signifikan dengan menerapkan bahan ajar berbasis konservasi pesisir pantai Bengkulu pada siswa Kelas IV di SD Negeri 01 Kota Bengkulu. 3)Terdapat pengaruh aspek kompetensi yang signifikan dengan menerapkan bahan ajar berbasis konservasi pesisir pantai Bengkulu pada siswa Kelas IV di SD Negeri 01 Kota Bengkulu. Kata kunci: pembelajaran IPA, bahan ajar, literasi sains aspek pengetahuan, sikap dan kompetensi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: Septi Septi
Date Deposited: 09 Apr 2019 09:32
Last Modified: 09 Apr 2019 09:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17830

Actions (login required)

View Item View Item