PENGARUH LEVERAGE, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP INCOME INCREASING (Studi pada Perusahaan Non-Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2013-2017 )

Baihaqi, Puspa Midiastuti and Nikmah, Fachruzzaman (2021) PENGARUH LEVERAGE, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP INCOME INCREASING (Studi pada Perusahaan Non-Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2013-2017 ). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
fix.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh leverage, kepemilikan institusional, dan kualitas audit terhadap income increasing. income increasing dalam penelitian ini diukur dengan Discretionary Accruals menggunakan model Jones Dimodifikasi, dan penelitian ini menggunakan teori keagenan. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2017. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari data keuangan di website www.idx.co.id. Jumlah sampel perusahaan dalam penelitian ini adalah sebanyak 279 perusahaan. Metode pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat leverage suatu perusahaan terbukti mendorong tindakan income increasing. Hasil penelitian ini juga mendukung hubungan non-linear yang diprediksi antara kepemilikan institusional dan income increasing. Secara khusus, hubungan negatif ditemukan pada tingkat kepemilikan institusional yang lebih rendah, yang artinya bahwa kepemilikan institusional yang cenderung kecil akan membatasi kebijakan akrual untuk menciptakan nilai perusahaan (kepentingan jangka panjang). Di sisi lain, hubungan positif ditemukan pada tingkat kepemilikan institusional yang lebih tinggi, dengan pandangan kepemilikan institusional yang tinggi akan lebih mendorong manajemen untuk meningkatkan laba perusahaan (kepentingan jangka pendek). Kualitas audit berpengaruh positif terhadap income increasing. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah masih terdapat variabel lain yang perlu diuji yang mempengaruhi income increasing. Saran dalam penelitian ini adalah menambahkan variabel lain yang memiliki pengaruh terhadap manajemen laba.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 04 Apr 2024 07:19
Last Modified: 04 Apr 2024 07:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17843

Actions (login required)

View Item View Item