PENGARUH ARUS KAS OPERASI, SIKLUS OPERASI, EFEKTIFITAS DEWAN KOMISARIS, DAN EFEKTIFITAS KOMITE AUDIT TERHADAP PERSISTENSI LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018)

Mujiono, Mujiono and Madani, Hatta and Fahruzzaman, Fahruzzaman (2021) PENGARUH ARUS KAS OPERASI, SIKLUS OPERASI, EFEKTIFITAS DEWAN KOMISARIS, DAN EFEKTIFITAS KOMITE AUDIT TERHADAP PERSISTENSI LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI MUJIONO (C1C016088).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan bukti secara empiris Pengaruh Arus Kas Operasi, Siklus Operasi, Efektifitas Dewan Komisaris, dan Efektifitas Komite Audit terhadap Persistensi Laba. Persistensi laba dalam penelitian ini diukur dengan slope koefisien hasil regresi current earnings pada lagged earnings menggunakan Model Francis. Arus Kas Operasi diukur menggunakan rasio Arus Kas Operasi. Siklus Operasi diukur menggunakan model Fanani Dimodifikasi. Efektifitas Dewan Komisaris diukur menggunakan 17 kriteria dewan komisaris berdasarkan model Hermawan. Efektifitas Komite Audit diukur menggunakan 11 kriteria komite audit berdasarkan model Hermawan. Penelitian ini diuji menggunakan analisis regresi berganda dengan program SPSS versi 24. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014 2018.Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode purpossive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 400 observasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa arus kas operasi, dan efektifitas dewan komisaris berpengaruh positif terhadap persistensi laba, namun untuk variabel siklus operasi dan efektifitas komite audit tidak berpengaruh terhadap persistensi laba. Implikasi penelitian ini adalah memberikan informasi teoritis mengenai teori agensi yang di dalamnya terdapat konflik keagenan yang dapat menyebabkan penurunan persistensi laba sehingga dibutuhkanlah biaya monitoring untuk meminimalisir konflik keagenan. Bagi perusahaan manufaktur dan penelitian selanjutnya, penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi tambahan dan pemahaman mengenai apa saja yang dapat mendorong peningkatan persistensi laba. Keterbatasan penelitian ini yaitu beberapa laporan keuangan maupun tahunan perusahaan sampel banyak yang tidak dapat di akses sehingga dari segi jumlah sampel menjadi berkurang dan mengakibatkan hasil penelitian mungkin menjadi kurang maksimal. Penelitian ini menggunakan metode checklist dalam menilai efektifitas dewan komisaris dan komite audit yang kurang sesuai untuk variabel persistensi laba. Teori yang digunakan dalam penelitian belum bisa secara maksimal menggambarkan bagaimana keterkaitan antar variabel.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 04 Apr 2024 08:13
Last Modified: 04 Apr 2024 08:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17853

Actions (login required)

View Item View Item