PENGARUH DUKUNGAN ATASAN, PELATIHAN DAN KEJELASAN TUJUAN ORGANISASI TERHADAP PENGGUNAAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH DI KOTA BENGKULU

Agustine, Nadya and Siti, Aisyah and Isma, Coryanata (2021) PENGARUH DUKUNGAN ATASAN, PELATIHAN DAN KEJELASAN TUJUAN ORGANISASI TERHADAP PENGGUNAAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi-Nadya Agustine-C1C016073.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Peraturan Pemerintah Nomor 77 Tahun 2020. Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah yang mengatur mekanisme pengelolaan keuangan daerah agar berjalan dengan baik sehingga terciptanya Good governance. Pemanfaatan sistem informasi akuntansi keuangan daerah juga penting dalam menciptakan laporan keuangan yang berkualitas. Sistem informasi keuangan daerah dapat membantu dalam proses pencatatan serta pelaporan anggaran dan keuangan, membantu proses identifikasi, pengukuran, juga pelaporan transaksi dari suatu daerah yang dijadikan sebagai informasi dalam pengambilan keputusan dan hal-hal lain yang dianggap penting dalam penyajian laporan keuangan daerah. Sistem akuntansi deuangan daerah merupakan rangkaian sistematis dari prosedur, penyelenggara, peralatan, dan elemen lain untuk melaksanakan fungsi akuntansi dari analisis transaksi sampai dengan pelaporan keuangan di organisasi pemerintahan Di dalam penelitian ini variabel yang digunakan yaitu Kegunaan sistem akuntansi keuangan daerah, dukungan atasan, pelatihan dan kejelasan tujuan. Theory yang digunakan adalah model DeLone dan McLean (1992) menggunakan enam dimensi yaitu kualitas sistem, kualitas informasi, kepuasan pengguna, intensitas penggunaan, dampak individu, dan dampak organisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini mengumpulkan data primer dengan penyebaran kuesioner. Kuesioner yang disebarkan berupa daftar pernyataan tertulis mengenai Pengaruh dukungan atasan, pelatihan dan kejelasan tujuan terhadap Kegunaan sistem akuntansi keuangan daerah, pada OPD di Kota Bengkulu. Untuk menganalisis variabel independen terhadap variabel dependen dilakukan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan program komputer yaitu SPSS Statistics. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh Pengaruh dukungan atasan, pelatihan dan kejelasan tujuan terhadap Kegunaan sistem akuntansi keuangan daerah, pada OPD di Kota Bengkulu. Populasi dalam penelitian ini adalah Pegawai OPD di Kota Bengkulu. Sampelnya yang akan menjadi responden penelitian ini adalah Pegawai OPD di Kota Bengkulu bagian keuangan dan akuntansi yang sudah bekerja lebih dari 1 tahun. Metode pengambilan sampelnya adalah dengan menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dukungan atasan berpengaruh positif terhadap kegunaan sistem akuntansi keuangan daerah, (2) ) pelatihan berpengaruh positif terhadap kegunaan sistem akuntansi keuangan daerah dan (3) ) kejelasan tujuan berpengaruh positif terhadap kegunaan sistem akuntansi keuangan daerah. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah Data yang diolah belum mencakup seluruh OPD di Kota Bengkulu karena beberapa OPD tidak mengizinkan peneliti melakukan penyebaran kuesioner, sehingga data yang didapatkan masih sedikit. Kondisi Covid-19 yang sedikit menghambat proses penelitian sehingga penelitian masih banyak memiliki kekurangan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 22 Apr 2024 08:32
Last Modified: 22 Apr 2024 08:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17854

Actions (login required)

View Item View Item