PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURSUS KOMPUTER PADA PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT(PKBM) MEKAR SARI KECAMATAN TANJUNG KEMUNING KABUPATEN KAUR

Ruliantika, Yolanda and Agus, Zainal Rachmat and Sofino, Sofino (2022) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURSUS KOMPUTER PADA PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT(PKBM) MEKAR SARI KECAMATAN TANJUNG KEMUNING KABUPATEN KAUR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI YOLANDA RULIANTIKA (2).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan tujuan pembelajaran kursus komputer pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mekar Sari Kabupaten Kaur (2) mendeskripsikan sumber belajar kursus komputer pada PKBM Mekar Sari Kabupaten Kaur (3) mendeskripsikan strategi pembelajaran kursus komputer pada PKBM Mekar Sari Kabupaten Kaur (4) mendeskripsikan media pembelajaran kursus komputer pada PKBM Mekar Sari Kabupaten Kaur (5) mendeskripsikan evaluasi pembelajaran kursus komputer pada PKBM Mekar Sari Kabupaten Kaur. Metode penelitian yang digunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptf. partisipan penelitian ialah ibu Titin Sumarni, M.Pd selaku ketua pimpinan PKBM Mekar Sari, Bapak Meggy Dafriawan selaku Operator PKBM Mekar Sari, Ibu Dhania Novitasari, S.Com selaku instruktur di PKBM Mekar Sari dan Padela Putri Maharani selaku peserta kursus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi non partisipan, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Untuk menguji validitas dan reabilitas data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Berdasarkan analisis yang yang telah dilakukan bahwa pelaksanaan pembelajaran Kurusu komputer pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat di Desa Padang Kedondong Kecamatan Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur. (1) tujuan pembelajaran kursus komputer di PKBM Mekar Sari adalah memperbaiki kualitas diri dan kualitas sosial setiap warga belajar, memberikan rasa aman dan nyaman saat belajar komputer, (2) sumber belajar di PKBM Mekar Sari terdiri dari media digital, buku panduan dan referensi dari internet, (3) strategi pembelajaran kursus komputer pada PKBM Mekar Sari yaitu memberikan teori terlebih dahulu baru masuk praktek sedangkan metode yang digunakan yaitu metode ceramah, diskusi dan praktek, (4) media yang digunakan dalam pembelajaran kursus komputer di PKBM Mekar Sari yaitu komputer, LCD, Printer dan mempunyai sarana dan prasarana yang berupa ruang kursus, gedung kantor dan komputer, (5) evaluasi pembelajaran yang dilakukan dengan ujian praktek pada peserta belajar komputer. Kata kunci: Pelaksanaan, Pembelajaran, Kursus.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 23 Apr 2024 04:13
Last Modified: 23 Apr 2024 04:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17861

Actions (login required)

View Item View Item